0
Tips Menjinakkan Burung Kicau Peliharaan – Memelihara burung berkicau adalah salah satu dari sekian hobi yang banyak di miliki oleh manusia. Menurut saya memelihara burung berkicau adalah salah satu kegiatan yang asik dan seru apabila di lakukan dengan senang hati. Selain itu suara burung kicau peliharaan dapat membuat suasana menjadi enak. Untuk memelihara burung berkicau wajib merawatnya dengan baik agar burung kicau peliharaan jadi senang di dalam sangkarnya. Bicara soal peliharaan pasti tak jauh dari kata jinak, nah pada kesempatan update blog informasi kicau kali ini saya akan menuliskan tentang cara menjinakkan burung kicau peliharaan.

burung kicau jinak
(Sumber gambar : kicaumania.or.id)

Tips atau cara menjinakkan burung berkicau mungkin telah banyak di bahas oleh para blogger di blog yang membahas tentang dunia hobi burung kicau, namun pada kesempatan kali ini saya ingin menuliskan cara menjinakkan burung berkicau ala saya di blog informasi kicau ini. Dalam membuat burung kicau peliharaan menjadi jinak perlu di lakukan berbagai cara yaitu mulai dari perawatan dan lingkungan tempat di letakkan burung kicau tersebut. Untuk cara menjinakkan burung berkicau di lakukan dengan cara sebagai berikut ini :

1.    Sangkar
Tempatkanlah burung kicau peliharaan anda di sangkar yang ukurannya sesuai dengan ukuran tubuh burung kicau peliharaan anda, tidak menggunakan sangkar yang terlalu bersar atau terlalu kecil. Hal ini di lakukan agar burung kicau peliharaan anda tidak gesit dengan sangkar yang teralu besar dan tidak sempit dengan sangkar yang terlalu kecil. Pasanglah tenggeran atau tangkringan 2 buah agar burung kicau bisa berpindah tenggeran atau tangkringan 1 ke yang 1 nya.
2.    Cara Memandikan
Mandikan burung kicau peliharaan anda setiap hari dengan menggunakan semprotan atau menggunakan kerambah. Saat memandikan burung berkicau menggunakan semprotan lakukanlah dengan hati-hati dan kalau bisa jangan sampai membuat burung kicau peliharaan anda kapok akan di semprot pakai air.

3.   Pemberian Pakan
Berikanlah makanan kesukaan burung kicau peliharaan anda baik dengan makanan pokok maupun exstra fooding setiap hari dengan rutin.

4.    Penempatan
Letakkan sangkar burung kicau peliharaan anda di tempat yang sering di jangkau oleh manusia yang artinya tempat tersebut sering di lewati oleh manusia, hal ini di lakukan agar burung kicau peliharaan anda dapat terbiasa dengan keberadaan manusia dan lama-lama akan jinak. Saat malam hari letakkan sangakr burung kicau peliharaan anda di tempat yang terang atau di tempat yang terdapat sinar lampu, hal ini di lakukan agar naluri burung kicau peliharaan anda berubah menjadi burung kicau peliharaan dan bukan burung kicau liar.

Lakukanlah cara di atas dengan rutindan telaten. Ya itulah tulisan saya untuk cara menjinakkan burung berkicau yang bisa saya bagikan kepada sahabat kicau mania semuanya yang semoga bisa bermanfaat. Dari saya mohon maaf bila terdapat kesalahan dan terima kasih telah berkunjung. Salam kicau mania

Posting Komentar

 
Top