0
Mengatasi Burung Kenari Ngering Saat Lomba – Ngering adalah sifat dari burung kenari yang over birahi pada saat di tarungkan di ajang lomba burung berkicau. Selain ngering burung kenari yang over birahi biasanya juga akan turun dari tangkringannya ke dasar sangkar sehingga hal tersebut akan mendapat nilai negatif dari juri lomba burung berkicau. Mengingat hal tersebut maka harus di lakukan perubahan kebiasaan untuk mengatasi burung kenari yang ngering atau turun dari tangkringannya saat di lombakan. Untuk mengatasi hal tersebut maka perlu di lakukan beberapa hal yang akan di kutip pada artikel ini.

burung kenari
(Sumber gambar : zzzzzzzzgt.blogspot.co.id)

Sifat ngering pada burung kenari saat bertarung dengan lawannya ialah hal yang wajar karena pada saat itu burung kenari menunjukkan mental tarungnya. Namun ngering mempunyai nilai negatif seperti yang telah di bahas di atas. Nah, untuk mengatasi burung kenari yang ngering atau turun dari tangkringannya ke dasar sangkar saat lomba maka perlu di lakukan hal-hal seperti berikut ini :
  1. Setting birahi pada burung kenari yang akan di lombakan dengan pas dan jangan sampai over birahi. Hal itu bisa di lakukan dengan cara memandikan burung kenari dengan rutin dan 1,5 atau 2 jam sebelum lomba burung kenari di mulai. Selain itu untuk menurunkan atau menyetabilkan birahi burung kenari juga dapat di lakukan dengan cara memberikan makanan tambahan yang dapat menurunkan atau menyetabilkan birahi pada burung kenari.
  2. Perubahan tangkringan bisa di lakukan agar burung kenari tetap berada di tangkringan saat di lombakan. Caranya tambahkan tangkringan pada sangkar burung kenari tersebut yang mulanya 1 atau 2 menjadi 3-5 tangkringan dengan cara pemasangan yang sejajar (tidak atas bawah). Pada tangkringan bagian tepi maka dekatkan dengan tepi sangkar sehingga burung kenari tidak ngering saat berkicau melainkan tetap di tangkringan. Pemberian tangkringan 3-5 buah tersebut juga bermanfaat agar burung kenari tidak turun di dasar sangkar saat di lombakan. Kebiasaan menggunakan tangkringan seperti ini jangan hanya pada saat lomba melainkan untuk hariannya posisi tangkringan tetap sejajar dengan jumlah tangkringan yang sama seperti di atas, hal ini di lakukan agar burung kenari terbiasa.
  3. Lakukanlah cara yang tersebut di atas hingga burung kenari tidak ngering atau tidak turun di dasar sangkar. Untuk suara master burung kenari anda bisa mengunjungi link download suara burung kenari ngerol panjang.
Nah, demikianlah cara yang bisa anda lakukan untuk mengatasi burung kenari yang ngering atau turun di dasar sangkar saat di lombakan. Semoga bermanfaat dan mohon maaf bila terdapat kesalahan. Terima kasih dan salam kicau

Posting Komentar

 
Top