0
Cara Membuat Burung Merpati Balap Giring – Burung merpati balap giring atau keket ialah hal yang sangat di dambakan oleh para penghobi burung merpati balap. Hal itu di karenakan burung merpati balap yang giring ialah burung merpati balap yang siap untuk di balapkan atau siap di gunakan untuk balapan. Namun dalam membuat burung merpati balap mau giring atau keket ialah hal yang tidak mudah untuk di lakukan bagi para penghobi burung merpati balap pemula, karena dalam membuat burung merpati balap menjadi giring perlu menggunakan beberapa cara dan perlu ketelatenan dalam setiap prosesnya. Nah, maka dari itulah pada kesempatan kali ini saya ingin membagikan cara membuat burung merpati balap mau giring atau keket dengan cara yang alami.

Burung Merpati Balap
Gambar Burung Merpati Balap
(Sumber : www.bebeja.com)

Proses membuat burung merpati balap giring yang saya bagikan ini alami dan tidak menggunakan obat-obatan sebagai pengeket burung merpati. Hal itu di lakukan karena agar burung merpati bisa giring atau keket dengan sempurna dan sehat bagi burung merpati. Cara membuat burung merpati balap giring secara alami ialah sebagai berikut ini :
  1. Pastikan burung merpati balap yang akan di giringkan sudah berjodoh dan sudah mau kawin.
  2. Tunggu hingga pasangan merpati balap tersebut menghasilkan telur. Jika tak kunjung bertelur maka alternatifnya ialah memancing/menaruh telur burung merpati lain ke dalam pagupon/kandang burung merpati balap yang akan di giringkan. Biarkan telur tersebut di erami selama kurang lebih 1 (satu) minggu.
  3. Setelah telur di erami dalam waktu tersebut di atas maka ambilah telur yang telah di erami burung merpati balap tersebut pada saat malam hari. Usahakan pengambilan telur pada waktu malam minggu/sabtu malam. Hari tersebut saya rekomendasikan agar mudah dalam proses selanjutnya.
  4. Setelah telur burung merpati balap di ambil dari sarangnya pada waktu malam minggu maka proses selanjutnya ialah mengumbar burung merpati balap hingga hari rabu. Jadi hari minggu, senin, selasa, dan rabu umbarlah burung merpati balap tersebut dengan tujuan agar bercinta atau kawin.
  5. Proses selanjutnya ialah pada saat rabu malam pasangan merpati balap tersebut di krekep di dalam pagupon (di masukan ke dalam pagupon dan di tutup pintunya). Jangan lupa berikan ventilasi pada pagupon agar burung merpati balap tersebut tetap bisa bernafas dan di dalam ruangan tidak pengap.
  6. Setelah semalaman di krekep di dalam pagupon, pagi harinya pasangan burung merpati balap tersebut di keluarkan dari kandang dan di pisah menggunakan sangkar tingkat/sangkar pemisah. Yang jantan di taruh di atas dan yang betina di taruh di bawah. Barikan makanan berupa jagung dan berikan air putih untuk minum secukupnya. Setelah jam menunjukkan pukul 09.00 pagi maka jemurlah pasangan burung merpati balap tersebut dengan tetap di pisah menggunakan sangkar pemisah sampai pukul 11.00 siang dan angkat dari jemuran kemudian angin-anginkan.
  7. Setelah di angkat dari jemuran dan di angin-anginkan maka selanjutnya berikan makanan berupa jagung dan berikan minum air putih secukupnya.
  8. Setelah selesai makan dan minum selanjutnya masukan pasangan burung merpati balap tersebut ke dalam pagupon dan di krekep kembali sampai jam menunjukkan pukul 03.00 sore hari. Setelah pukul 03.00 maka keluarkan pasangan burung merpati balap tersebut dan merpati siap giring.
  9. Setelah giring maka latihlah untuk balapan single (sendirian) dan jangan di tarungkan atau di balapkan dengan burung merpati balap lainnya jika umurnya masih muda. Namun jika umurnya sudah cukup dewasa dan mempunyai mental yang baik maka silahkan untuk di balapkan dengan merpati balap lainnya.
  10. Setelah di latih untuk balapan, sore hari sekitar jam 05.00 maka umbarlah pasangan burung merpati balap tersebut dan biarkan untuk bercinta atau kawin. Jika waktu sudah menunjukkan pukul 07.00 atau 08.00 malam maka pasangan burung merpati balap tersebut siap untuk di krekep kembali.
  11. Untuk hari selanjutnya yaitu hari jum’at, sabtu, dan minggu maka lakukan cara seperti tertulis pada cara nomor 5-10.
  12. Kemudian setelah hari minggu biasanya masa giringnya sudah habis dan burung merpati betina sudah siap untuk bertelur kembali.

Nah, itulah cara menggiringkan burung merpati balap dengan cara yang alami. Demikianlah yang bisa saya tulis dan saya publikasikan tentang cara menggiringkan burung merpati yang semoga bisa bermanfaat bagi semua pembaca artikel ini. Terima kasih atas kunjungannya dan mohon maaf bila terdapat kesalahan. Salam Rahayu

Posting Komentar

 
Top