0
Cara Menjinakkan Burung Kacer Mulai Dari Nol – Burung kacer merupakan salah satu satwa yang ada di Indonesia dan banyak di gemari oleh penghobi burung berkicau karena burung kacer memiliki suara kicau yang bagus. Dalam merawat burung kacer memang di butuhkan ketelatenan dan dan kesabaran agar burung kacer mau berkicau di dalam sangkarnya. Banyak para penggemar burung kacer pemula yang menanyakan tentang bagaimana menjinakkan burung kacer hingga burung kacer tenang di dalam sangkar dan mau berkicau, mendengar tentang hal itu tentunya pasti memerlukan proses yang panjang dan gak bisa instan menurut saya, di perlukan ketelatenan serta kesabaran dalam setiap prosesnya. Untuk itu di blog informasi kicau ini saya akan membahas tentang cara menjinakkan burung kacer mulai dari nol, maksud saya mulai dari nol ialah mulai dari burung kacer di dapat dari alam liarnya (burung kacer jaringan atau hasil pikat dari alam liar).

Burung Kacer

Gambar Burung Kacer
(Sumber gambar : google)

Cara menjinakkan burung kacer dapat di lakukan pada setiap perawatan hariannya, mulai dari perawatan mandi, makan dan penempatan sangkar burung kacer tersebut. Untuk lebih jelasnya silahkan baca artikel cara menjinakkan burung kacer mulai dari nol ini sampai selesai.

1. Langkah Pertama
Pertama-tama ketika burung kacer baru di dapat dari kandang ombyokan (hasil pikat dari alam) taruhlah burung kacer tersebut di dalam sangkar yang di beri kerodong tipis dan gantang di dalam rumah yang posisinya dekat dengan lampu. Hal itu di lakukan agar burung kacer tenang dan jika malam hari posisi sangkarnya tersinari oleh lampu yang bisa membuat naluri alam liarnya berganti dengan suasana di dalam rumah dan jangan lupa berikan air minum dan makanannya, untuk makanannya bisa berupa jangkrik atau ulat kandang yang di campur dengan voer. Posisi/tempat sangkar jangan di pindah terlebih dahulu selama sekitar 7-10 hari, jangan mandikan dahulu burung kacer tersebut agar beradaptasi dahulu dengan lingkungan baru dan agar tidak kaget yang dapat mengakibatkan stres.

2. Langkah Kedua
Setelah cara nomor satu dapat di lakukan maka selanjutnya memindah posisi/tempat sangkar burung kacer tersebut di tempat yang sering di lalui/di lewati oleh manusia, jangan secara langsung membuka kerodongnya namun biarkan dahulu kerodongnya menutupi sangkar burung kacer tersebut hingga burung kacer beradaptasi dengan lingkungan yang sering di lalui manusia tersebut. Jika sekiranya burung kacer sudah beradaptasi dengan lingkungan tersebut maka kerodong bisa di buka separuh/full dan biarkan posisi/tempat sangkar di tempat yang sering di lalui manusia tersebut hingga burung kacer mampu beradaptasi di lingkungan tersebut dan tidak takut dengan keberadaan manusia. Setelah cara tersebut di atas sudah berhasil di lakukan maka langkah selanjutnya ialah merawat burung kacer dengan cara seperti pada umumnya di lakukan oleh penghobi burung kacer dari pagi hingga malam hari.

3. Langkah Ketiga
Tetapkan posisi/tempat sangkar berada dan jangan di pindah-pindah agar burung kacer tersebut benar-benar beradaptasi di lingkungan tersebut dan tenang. Sehingga burung kacer yang merasa nyaman dan tenang di tempatnya berada maka menurut saya akan mempercepat proses berkicau burung kacer tersebut.

4. Langkah Keempat
Lakukanlah perawatan harian burung kacer dengan baik dan konsisten. Jangan pernah berperilaku kasar atau menyiksa burung peliharaan karena bisa menyebabkan stres pada burung kacer dan dapat memperlama proses penjinakan.

Demikianlah cara menjinakkan burung kacer mulai dari nol yang bisa saya tulis pada update blog informasi kicau kali ini yang semoga bermanfaat bagi semua pengunjung blog informasi kicau. Terima kasih atas kunjungan anda dan dari saya mohon maaf apabila terdapat kesalahan. Salam kicau mania

Posting Komentar

 
Top