0
Terapi Untuk Burung Kacer Mbagong – Burung kacer merupakan salah satu burung kicauan yang banyak di gemari oleh kicau mania indonesia. Burung kacer juga di sebut dengan burung kucica kampung dan di kelompokkan dalam anggota keluarga Muscicapidae. Burung ini mempunyai ciri fisik yaitu memiliki panjang tubuh kurang lebih 20 cm, memiliki warna hitam putih dan memiliki ekor panjang. Nama ilmiah dari burung kacer ialah Copsychus saularis. Burung kacer memiliki sifat mbagong atau mbedes, hal itu di sebabkan karena burung kacer yang terlalu over birahi. Mbagong atau mbedes pada burung kacer dapat di tandai dari ciri fisiknya yang berbentuk seperti kuda laut atau membusungkan bulu dadanya. Sifat mbagong tersebut membuat majikan burung kacer merasa kecewa apabila burung kacer mbagong saat di lombakan, karena hal itu membawa dampak buruk pada nilai burung kacer yang di lombakan. Nah, bagi anda yang kacernya sering mbagong anda bisa mencoba cara yang akan saya tulis di artikel ini untuk melakukan terapi pada burung kacer peliharaan anda yang sering mbagong. Untuk itu silahkan baca artikel ini hingga selesai.

Terapi Untuk Burung Kacer Mbagong

Gambar Burung Kacer Mbagong
(Sumber gambar : google)

Terapi untuk burung kacer mbagong ialah solusi bagi anda yang burung kacer peliharaannya sering mbagong. Terapi ini bisa anda lakukan dengan konsisten untuk mengobati atau memulihkan kondisi burung kacer anda dari mbagongnya. Cara yang dapat di lakukan ialah sebagai berikut ini :

  1. Jangan pertemukan burung kacer dengan burung sejenis untuk sementara (pada saat proses terapi).
  2. Mandikan burung kacer dengan air dingin atau air yang telah di beri es batu, tujuannya supaya air mandinya dingin. Memandikannya dengan cara di kerambah dan jangan di semprot. Biarkan kacer mandi sendiri sesuka hatinya dan jangan di paksa. Lakukan pemandian sebaiknya setiap hari pada saat pagi hari. Hal ini di lakukan agar birahi burung kacer menurun.
  3. Setelah di mandikan, pindahkan burung kacer ke sangkarnya dan kerodong dengan menggunakan kerodong yang telah di basahi dengan air. Hal ini di lakukan agar burung kacer merasa nyaman seperti layaknya di alam liarnya.
  4. Jemur burung kacer dengan sangkar yang di kerodong dengan kerodong basah. Waktu penjemuran jangan terlalu lama, ya kurang lebih sekitar ½ jam atau di tambahi sedikit. Hal ini di lakukan agar burung kacer merasa nyaman seperti layaknya di alam liarnya dan tidak terkena panas matahari secara langsung karena panas matahari secara langsung dapat meningkatkan birahi burung kacer.
  5. Tenggar atau umbar burung kacer di kandang umbaran. Hal ini di lakukan untuk melatih fisik burung kacer. Lakukan hal ini seminggu 2-3 kali atau bisa setiap hari.
  6. Berikan cacing tanah 1-2 ekor dalam 2-3 kali dalam waktu seminggu.


Intinya proses terapi ini ialah membuat burung kacer tenang dan nyaman di dalam sangkar. Selain itu juga bertujuan untuk menurunkan birahi burung kacer.

Catatan : Biarkan / jangan bersihkan lumut di dalam kerambah tempat pemandian burung kacer. Karena lumut tersebut dapat membersihkan kutu pada burung kacer seperti layaknya di alam liar burung kacer.

Cara di atas adalah cara yang di lakukan oleh salah satu nara sumber dunia binatang trans|7 pada salah satu episode tentang burung kicau.

Demikianlah terapi untuk burung kacer mbagong yang bisa saya bagikan pada kesempatan kali ini kepada semua pengunjung blog informasi kicau. Semoga cara ini bisa menjadi solusi bagi anda yang burung kacer peliharaannya sering mbagong. Dari saya mohon maaf apabila terdapat kesalahan dan apabila ada pendapat lain dari anda tentang terapi untuk burung kacer mbagong silahkan sampaikan pendapat anda di kolom komentar yang telah kami sediakan di bawah artikel. Terima kasih atas kunjungan anda dan salam kicau mania.
loading...

Posting Komentar

 
Top