0
Solusi Untuk Burung Kenari Malas Bunyi – Burung kenari malas bunyi banyak penyebabnya, saya tidak bisa menyebutkan satu persatu. Mungkin telah banyak para sobat kicau mania yang burung kenari peliharaannya malas bunyi. Telah banyak blog yang membahas tentang solusi untuk burung kenari malas atau macet bunyi, namun di blog informasi kicau akan saya bahas kembali tentang cara atau solusi untuk burung kenari malas bunyi agar mau berkicau dengan rajin kembali.

Gambar Burung Kenari

Gambar Burung Kenari
(Sumber gambar : google)

Cara mengatasi burung kenari malas bunyi banyak yang bisa di lakukan, nah pada kesempatan kali ini saya akan membahas atau membagikan salah satu cara untuk mengatasi burung kenari malas bunyi. Salah satu cara yang bisa di lakukan untuk mengatasi burung kenari malas bunyi ialah sebagai berikut ini :

1. Pertama-tama silahkan anda lihat keadaan atau kondisi kesehatan burung kenari peliharaan anda. Jika keadaan atau kondisi kesehatan burung kenari peliharaan anda baik-baik saja maka lanjutkan membaca artikel ini. Namun jika burung kenari peliharaan anda dalam keadaan atau kondisinya kurang sehat atau mungkin sakit maka obatilah burung kenari peliharaan anda dan buatlah burung kenari peliharaan anda sesehat mungkin.

2. Buatlah burung kenari peliharaan anda nyaman dan senang hatinya di dalam sangkarnya. Karena burung kicau peliharaan yang nyaman dan senang hatinya saat di dalam sangkarnya maka  burung tersebut akan rajin untuk berkicau (jika tidak ada kendala lainnya).

3. Lihatlah kondisi bulunya, jika burung kenari peliharaan anda sedang dalam keadaan mabung atau rontok bulu maka wajar jika burung kenari peliharaan anda malas untuk bunyi atau berkicau. Yang harus anda lakukan ialah tetap merawat burung kenari peliharaan anda dengan baik dan tunggu hingga proses mabung atau rontok bulunya selesai. Jika proses mabung atau rontok bulunya selesai dan semua bulu-bulunya telah tumbuh biasanya burung kenari akan berkicau seperti sedia kala.

4. Selanjutnya jika keadaan burung kenari peliharaan anda sehat, nyaman dan senang hatinya di dalam sangkar, dan tidak dalam keadaan mabung maka anda bisa mencoba cara lain untuk membuat burung kenari peliharaan anda agar tidak malas bunyi, caranya yaitu dengan menambah makanan pokonya menggunakan niger seed. Sebelum memberikan niger seed kepada burung kenari peliharaan anda maka anda harus membeli niger seed terlebih dahulu di kios pakan burung terdekat, kemudian cara pemberiannya di campur dengan milet atau bisa di sendirikan. Untuk takaran mencampur milet dengan niger seed yaitu 3 banding 1, 3 milet dan 1 niger seed dengan menggunakan cepuk wadah pakan kenari. Jika pemberian niger seed di sendirikan ya kurang lebih takarannya sama seperti campuran niger seed dan milet tersebut. Berikan secara rutin.

5. Lakukan penjemuran setiap hari secara rutin kurang lebih sekitar 2 jam.

Catatan : Cara mengatasi burung kenari malas bunyi yang saya tulis di artikel ini ialah berdasarkan pengalaman saya sendiri. Saya pernah mempunyai burung kenari yang malas bunyi atau berkicau dan akhirnya saya melakukan cara seperti yang saya tulis di artikel ini untuk membuat kenari peliharaan saya menjadi rajin berbunyi atau berkicau. Jika anda telah melakukan cara ini untuk mengatasi burung kenari peliharaan anda yang malas bunyi tetapi tidak berhasil, maka cobalah cara lainnya untuk membuat burung kenari peliharaan anda menjadi rajin bunyi atau berkicau. Ingatlah bahwa membuat burung kicau peliharaan agar rajin berbunyi atau berkicau ialah hal yang tidak mudah untuk di lakukan dan memerlukan skil, waktu, ketelatenan, dan kesabaran dalam setiap prosesnya.

Itulah cara mengatasi burung kenari malas bunyi ala informasi kicau dan mohon untuk di maafkan jika terdapat kesalahan. Terima kasih
loading...

Posting Komentar

 
Top