0
Perawatan Burung Pleci Untuk Lomba – Pleci merupakan salah satu burung kicauan yang juga di ikut sertakan dalam lomba burung berkicau. Burung pleci memiliki kicauan yag bervariasi atau dapat menirukan suara burung kicau lainnya seperti suara burung kenari, suara burung gelatik, suara burung talokan, dsbg. Dalam memelihara burung pleci untuk di lombakan tentunya berbeda dengan memelihara burung pleci yang hanya untuk di jadikan sebagai burung ocehan atau klangenan di rumah saja.

Koloni Burung Pleci Peliharaan

Gambar Koloni Burung Pleci Peliharaan

Perawatan burung pleci untuk lomba dari setiap pemain atau pemelihara burung pleci tentu berbeda-beda. Pada kesempatan kali ini saya akan membahas salah satu dari perawatan pleci untuk lomba. Sepengalaman saya dari saya melihat para pleci mania dalam merawat pleci untuk di lombakan ialah sebagai berikut :

1. Yang pertama ialah perawatan harian burung pleci lomba :
Perawatan harian untuk burung pleci lomba bisa di lakukan dengan cara mengkoloni pleci jantan dengan pleci jantan lainnya setiap hari. Pertemukan cas atau pleci betina jodohnya setiap 3 hari sekali pada saat malam hari. Bersihkan kandang atau sangkar burung pleci setiap hari baik pagi atau sore hari dan sambil memandikan burung pleci dengan cara di semprot atau di kerambah. Jika anda ingin pleci anda di bunyikan maka bunyikan pleci sebentar-sebentar saja agar stamina pleci tidak habis di rumah (stamina di simpan untuk lomba). Bisa di tambah proses tenggar/umbar.

2. Yang kedua ialah makanan dan minuman untuk burung pleci lomba :
Makanan untuk burung pleci lomba bisa di berikan dengan campuran voer dengan kualitas baik seperti voer 220 volt, voer leopard lembut, voer kroto sari lembut, dsbg (bukan termasuk promosi/iklan). Selain voer juga berikan buah seperti buah naga, buah pisang, buah pepaya, dsbg (sesuaikan dengan kondisi burung pleci peliharaan anda). Untuk minuman harian burung pleci lomba ialah air putih untuk minum dan berikan juga vitamin lainnya untuk membuat daya tahan tubuh burung pleci menjadi kuat.

3. Yang ketiga ialah doping untuk burung pleci lomba :
Dalam lomba burung pleci pasti tak asing lagi dengan yang namanya doping. Doping untuk burung pleci lomba dari setiap pemain tentu berbeda-beda dan menyesuaikan dengan tingkat birahi burung pleci. Namun menurut saya memberikan doping untuk burung pleci pasti ada dampak negatif untuk burung pleci yang di berikan doping tersebut entah itu apa dampaknya. Jadi menurut saya sebaiknya pemberian doping untuk burung pleci lomba jangan terlalu banyak dan sebaiknya lagi ndak usah di berikan, karena burung pleci yang bagus ialah burung pleci yang mau konser dengan karakter bawaan mereka dari lahir.

Catatan : Burung pleci yang bagus ialah burung pleci yang mempunyai karakter dan jiwa tarung dari bawaan lahir burung pleci tersebut. Jadi meskipun perawatan burung pleci itu sederhana tetapi karakter bawaan burung pleci tersebut sudah bagus ya pastinya akan bagus. Dan jika sudah rejeki pemain tersebut ya mungkin akan mendapatkan gelar juara.

Itulah Perawatan Burung Pleci Untuk Lomba yang bisa saya sampaikan. Kurang lebihnya mohon maaf dan apabila terdapat kesalahan dari saya mohon maaf dan mohon untuk anda benarkan dengan cara sampaikan pendapat anda pada kolom komentar di bawah artikel yang telah kami sediakan. Terima kasih atas kunjungannya dan salam #kicaumaniaindonesia
loading...

Posting Komentar

 
Top