0
Cara Memilih Burung Kacer Ombyokan Atau Jaringan – Burung kacer ombyokan ialah burung kacer yang baru di dapat dari hasil tangkapan liar dan di jual di kandang ombyokan. Biasanya burung kacer ombyokan di jual di pasar burung dan di tempat-tempat distributor burung kacer ombyokan. Burung kacer ombyokan yang sering di jual di pasaran ialah jenis burung kacer poci (burung kacer yang warna tubuhnya dominan hitam putih). Dalam memilih dan membeli burung kacer ombyokan perlu ketelitian karena jika salah pilih bisa mendapatkan burung kacer yang kurang sehat dan bisa jadi mendapatkan burung kacer pancingan (burung kacer yang di dapat dengan cara di pancing dengan menggunakan kail pancing). Dalam memilih dan membeli burung kacer ombyokan perlu di ketahui hal-hal seperti yang tertulis di artikel ini.

Cara Memilih Burung Kacer Ombyokan Atau Jaringan

Gambar Burung Kacer Poci Ombyokan
(Sumber gambar : google)

Cara memilih burung kacer ombyokan atau jaringan akan saya bahas di update blog informasi kicau pada kesempatan kali ini. Maka dari itu silahkan baca artikel ini hingga selesai. Saya menulis artikel cara memilih burung kacer ombyokan ini bukan pengalaman saya sendiri melainkan pengalaman dari teman saya yang pernah membeli burung kacer ombyokan. Cara memilih burung kacer ombyokan ala sahabat kicau mania saya ialah sebagai berikut ini :

1. Jika anda memilih burung kacer poci jantan ombyokan maka pilihlah burung kacer yang berwarna hitam pekat pada bagian kepala hingga lehernya dan putih bersih pada bagian dada hingga perut bagian bawah. Sedangkan jika anda memilih burung kacer poci betina ombyokan maka pilihlah burung kacer yang berwarna hitam keabuan pada bagian kepala hingga lehernya dan putih bersih pada bagian dada hingga perut bagian bawah. Namun jika anda memilih burung kacer ombyokan lokal atau jawa jantan maka pilihlah burung kacer lokal atau jawa yang memiliki warna tubuh hitam pekat. Sedangkan jika anda memilih burung kacer ombyokan lokal atau jawa betina maka pilihlah burung kacer lokal atau jawa yang memiliki warna tubuh hitam keabu-abuan.

2. Pilih burung kacer yang sehat dan aktif di dalam kandang ombyokan. Sehat pada burung kacer ombyokan berarti tidak cacat, utuh, tidak ada bagian tubuh kacer tersebut yang terluka atau bahkan hilang dan terlihat sehat. Kemudian aktif pada burung kacer ombyokan berarti burung kacer tersebut tidak diam saja melainkan lincah.

3. Lihatlah pada bagian perut dan dada (di balik bulunya) burung kacer ombyokan, jika perut dan dada (di balik bulunya) berwarna putih maka hal itu menandakan bahwa burung kacer ombyokan tersebut dalam keadaan sehat. Namun jika warna perut dan dada (di balik bulunya) terlihat hitam maka hal itu menandakan bahwa burung kacer ombyokan tersebut dalam keadaan yang kurang sehat.

4. Jangan pilih burung kacer ombyokan yang sering sekali meminum air (di dalam kandang ombyokan), karena burung kacer ombyokan yang sering sekali meminum air (di dalam kandang ombyokan) menandakan bahwa burung kacer ombyokan tersebut hasil dari pancingan menggunakan kail pancing sehingga mulut, tenggorokan atau tubuh bagian dalamnya terluka. Namun untuk meyakinkan dugaan itu silahkan berikan jangkrik kepada burung kacer ombyokan yang di anggap sebagai burung kacer ombyokan hasil pancingan tersebut. Jika burung kacer ombyokan yang di beri jangkrik itu kesulitan dalam menelan jangkrik yang di berikan berarti bisa di pastikan bahwa burung kacer tersebut hasil pancingan atau dalam keadaan yang kurang sehat.

5. Pilihlah burung kacer ombyokan yang memiliki ukuran tubuh yang proporsional (ukuran semua bagian tubuhnya seimbang atau sesuai) dan memiliki paruh yang tebal dan panjang. Karena burung kacer yang memiliki paruh yang tebal dan panjang biasanya memiliki volume kicau yang lantang alias besar.

Catatan : Cara memilih burung kacer ombyokan atau jaringan yang saya tulis di artikel ini ialah cara memilih burung kacer ombyokan atau jaringan yang pernah di ceritan kepada saya oleh sahabat kicau mania saya. Kemudian saya tulis di artikel ini untuk saya share kepada kicau mania semuanya.

Nah, itulah tips atau cara memilih burung kacer ombyokan atau jaringan yang sehat. Semoga cara ini dapat bermanfaat bagi kicau mania semuanya. Terima kasih atas kunjungan anda dan mohon maaf bila ada kesalahan.
loading...

Posting Komentar

 
Top