0
Cara Agar Burung Kenari Tidak Mudah Bubulan – Hai sobat kicau mania, apa kabar kalian semuanya? Semoga kabar baik selalu menyertai anda. Di kesempatan yang penuh dengan kebahagiaan ini saya akan membagikan tips untuk mengantisipasi agar burung kenari tidak bubulan. Apa sih bubulan pada burung kenari itu? Bubulan pada burung kenari adalah kaki kenari yang bisa di sebut jamuran yang membuat kaki burung kenari menjadi putih dan membuat kakinya terluka. Hal itu mungkin di karenakan adanya bakteri yang bersarang di kaki burung kenari tersebut. Nah bagaimana untuk mengantisipasi hal tersebut agar tak melanda burung kenari peliharaan? Simak artikel ini sampai selesai.

Cara agar burung kenari tidak mudah bubulan bisa dengan melakukan beberapa cara yang tentunya memerlukan ketelatenan dan kesabaran. Burung kenari sangat rentan terkena bubulan pada kakinya, entah kenapa hal itu bisa terjadi saya juga kurang tahu. Untuk mengantisipasi agar kaki burung kenari tidak mudah bubulan perlu di lakuakn cara-cara sebagai berikut ini :

  1. Bersihkan kotoran burung kenari pada sangkar burung kenari tersebut setiap hari dengan rutin.
  2. Setelah kotoran burung kenari di bersihkan dari sangkar burung kenari maka cuci dan sikat alas sangkar burung kenari hingga bersih dan lakukan setiap hari juga dengan rutin. Hal itu di lakukan karena alas sangkar burung kenari ialah tempat berkumpulnya kotoran burung kenari yang dapat memicu datangnya bakteri.
  3. Selain membersihakan kotoran burung kenari dan mencuci alas sangkar burung kenari hal lainnya yang perlu di lakukan ialah membersihkan tangkringan atau tenggeran burung kenari dengan cara mencuci dan menyikatnya dengan bersih setiap kurang lebih 2 kali dalam waktu seminggu. Hal itu di lakukan dengan alasan karena tangkringan atau tenggeran burung kenari berhubungan laangsung dengan kaki burung kenari. Maka dari itu tangkringan atau tenggeran burung kenari harus steril atau bersih.
  4. Cuci sangkar setidaknya seninggu sekali atau dua minggu sekali agar sangkar burung kenari bersih dari kutu dan hal-hal yang menyebabkan datangnya bakteri.
Cara Agar Burung Kenari Tidak Mudah Bubulan

Gambar kaki burung kenari bubulan
(Sumber gambar : google)

Namun jika burung kenari peliharaan anda terlanjur bubulan kakinya maka anda bisa melakukan cara-cara di bawah ini untuk mengobatinya :

  1. Cuci kaki kenari dengan air hangat yang di kasih garam (air hangat yang di laruti garam). Lakukan dengan rutin setiap hari atau dua kali dalam sehari.
  2. Setelah di bersihkan dengan air hangat yang di kasih garam (air hangat yang di laruti garam) maka berikan minyak tawon pada kaki burung kenari yang sedang bubulan dengan cara di oleskan. Lakukan juga dengan rutin setiap hari atau dua kali dalam sehari.
  3. Lakukan 2 hal di atas ini hingga kaki burung kenari sembuh dari bubulan.

Nah, itulah tips atau cara agar burung kenari tidak mudah bubulan kakinya. Semoga informasi yang saya bagikan pada kesempatan kali ini dapat bermanfaat bagi pengunjung blog informasi kicau semuanya. Demikian artikel ini saya tulis dan saya bagikan, kurang lebihnya mohon untuk di maafkan dan terima kasih atas kunjungan anda. Salam kicau mania indonesia dan salam sukses
loading...

Posting Komentar

 
Top