0
Cara Ternak Kacer Mudah – Burung kacer merupakan salah satu burung kicau yang sangat banyak penggemarnya. Tidak asing lagi untuk burung yang satu ini oleh para kicau mania. Burung kacer memiliki gaya tarung yang atraktif dan memiliki kicauan yang merdu, maka dari itulah banyak sekali kicau mania yang ingin memelihara burung kacer. Semakin banyaknya penggemar burung kacer tentu saja semakin banyak pula perburuan burung kacer dialam liar. Dari situlah muncul ide orang-orang untuk beternak burung kacer demi menjaga kelestariannya dialam liar. Namun dalam beternak burung kacer ialah hal yang tidak mudah untuk dilakukan, memerlukan kesabaran serta teknik tertentu untuk dapat beternak kacer hingga mendapatkan hasil.

Cara ternak Kacer Mudah

Cara Ternak Kacer Mudah akan saya bagikan kepada sobat kicau mania semuanya dengan tujuan agar menjadi referensi sobat kicau mania semuanya khususnya yang ingin beternak burung kacer. Cara beternak burung kacer yang saya bagikan ini tidak terlalu rumit namun membutuhkan kesabaran agar burung kacer mau berjodoh hingga menghasilkan anak. Silahkan simak cara beternak burung kacer berikut ini :

    1.       Pertama-tama pastikan burung kacer jantan berumur kurang lebih 1 (satu) tahun dan burung kacer betina berumur kurang lebih 10 (sepuluh) bulan. Hal ini dilakukan karena burung kacer yang berumur seperti yang saya tulis diatas sudah dewasa (birahi) atau kata lainnya sudah birahi.

    2.       Pastikan burung kacer yang akan diternakkan dalam kondisi sehat, tidak cacat, dalam kondisi baik dan tidak mabung.

    3.       Setelah cara diatas dilakukan maka buatlah kandang ternak yang seukuran kandang ternak kacer. Kemudian masukan burung kacer betina terlebih dahulu. Setelah burung kacer betina merasa nyaman didalm sangkar ternak tersebut maka lakukan proses penjodohan dengan cara memasukan burung kacer jantan yang masih didalam sangkar, jadi jangan masukan kacer jantan langsung kedalam sangkar ternak begitu saja tetapi masukan beserta sangkar harian sang kacer jantan. Biarkan kedua burung kacer tersebut PDKT dan saling mengenal. Jika kedua burung kacer tersebut sudah saling mengenal dan mau berjodoh baru masukan kacer jantan langsung dikandang ternak tersebut dan ambil sangkar harian kacer jantan tadi agar kandang ternak lebih luas.

Cara nomer tiga dilakukan agar burung kacer betina dan jantan yang akan dijodohkan tidak bertengkar dan agar saling mengenal terlebih dahulu. Nah, setelah kedua burung kacer menjadi satu hati kan tidak bertengkar lagi jadi bisa langsung dijadikan satu didalam sangkar / kandang ternak tersebut.

Setelah itu jangan lupa pasang sarang untuk bertelur si kacer tersebut. Penuhi makanan untuk burung kacer yang akan diternak agar nutrisinya terpenuhi dan agar mau segera bertelur.


Demikianlah Cara Ternak Kacer Mudah yang bisa saya sampaikan kepada sobat kicau mania semuanya. Cara yang saya tulis diatas mungkin telah diulas diblog tetangga namun apa salahnya jika saya juga ikut serta share informasi dan tips Cara Beternak Kacer Mudah ini kan ??? hehehe. Terimakasih atas kunjungannya dan salam sukses.
loading...

Posting Komentar

 
Top