2
Cara Menangkap Trucukan Mudah – Salam kicau mania buat sobat-sobat kicau mania semuanya. Jumpa lagi dengan saya sobat, pada kesempatan ini saya akan membagikan tips atau cara memikat trucukan dengan mudah. Biasanya para pemikat burung trucukan setahu saya mereka menangkap trucukan dengan jaring yang dilakukan pada saat setelah magrib, tempat yang tepat untuk menjaring burung trucukan ialah dikebon tebu, karena dikebon tebu ialah terdapat banyak burung trucukan beristirahat malam hari. Tidak hanya satu dua ekor saja untuk burung trucukan yang istirahat malam hari dikebon tebu, melainkan hingga puluhan ekor. Hal itu bisa terjadi karena burung trucukan tidur bersama-sama dengan kawanannya. Mungkin dengan cara itu akan mendapatkan hasil yang lebih banyak, tetapi kalau menurut saya dengan cara itu akan lebih merusak populasi burung trucukan dialam liarnya karena menangkap trucukan dengan jaring bisa mengunduh trucukan hingga ke-anak-anaknya, sehingga menghabiskan trucukan bakalan yang akan berkembangbiak dialam liar tersebut. Maka dari itu saya akan membagikan cara menangkap trucukan yang mudah dan ramah bagi lingkungan, selain itu juga tidak merusak populasi burung trucukan dialam liar.

Cara Menangkap Trucukan Mudah dan ramah lingkungan dapat dilakukan dengan cara memakai pulut atau perekat yang yang dililitkan pada helaian bambu atau kayu yang memanjang dan diletakan ditempat yang kemungkinan besar dihinggapi oleh trucukan liar yang akan ditangkap. Dengan cara inilah kita bisa mengantisipasi rusaknya populasi trucukan dialam liar, karena dengan cara ini tidak menangkap semua trucukan yang ada dialam liar. Cara memikat burung trucukan mudah dan ramah lingkungan ini bisa dilakukan dengan cara sebagai berikut :

Pertama-tama siapkan bahannya terlebih dahulu :
Bahan yang digunakan untuk memikat trucukan ini tidaklah banyak dan tidaklah mahal.

   1.       Pulut / perekat.
   2.       Helaian bambu setengah hasta.
   3.       Bambu penyangga seukuran lengan sekitar panjangnya 4 m / menyesuaikan tinggi pohon.
   4.       Pohon pepaya yang sudah ada buahnya yang matang pula.
   5.       Tali Rafia hitam secukupnya.

Cara membuatnya :
Cara membuatnya tidak sulit dan cukup sederhana.

   1.       Lilitkan pulut / perekat pada helaian bambu.
   2.       Ikat helaian bambu yang telah dililit pulut pada ujung bambu 4 m tersebut.
   3.       Letakkan pulut pada bagian buah pepaya dengan bambu 4 m tersebut.
   4.       Tunggu hingga trucukan datang dan hinggap dipulut tersebut.
   5.       Jika sudah ada trucukan yang terpikat silahkan ambil trucukan tersebut dengan menurunkan bambu penyangga 4 m tersebut.

Untuk lebih jelasnya silahkan lihat gambar dibawah ini dan bacalah apa yang terdapat pada perangkap trucukan tersebut !

Cara Menangkap Trucukan Mudah


   1.       Hitam : batang bambu penyangga 4 m.
   2.       Merah : Helaian bambu yang dililit pulut.

Itulah cara memikat burung trucukan yang bisa saya bagikan kepada sobat kicau mania semuanya pada kesempatan kali ini. Setahu saya burung trucukan sering kali datang pada pohon pepaya untuk mencari buah pepaya yang sudah matang untuk dijadikan sebagai makanannya. Tetapi saran saya, ketahuilah keadaan burung trucukan tersebut, jika trucukan tersebut sedang mempunyai anak yang masih disuapnya sebaiknya lepaskanlah burung trucukan tersebut, karena kasihan juga ya anaknya nanti gak ada yang nyuapin / merawat. Selain itu juga jangan menagkap trucukan dialam liar secara berlebihan karena dapat merusak populasi burung trucukan dialam liarnya.

Demikianlah tips atau cara menangkap trucukan mudah yang saya bagikan yang semoga bermanfaat. Terimakasih telah berkunjung diblog ini. Salam Kicau Mania
loading...

Posting Komentar

  1. Klo trucukan di pohon Palem gimana yh.. Kok susah bngt

    BalasHapus
  2. Coba pake suara pikat mungkin bisa gan.

    BalasHapus

 
Top