0
Melatih Cucak Hijau Bakalan Belajar Bunyi – Melatih bakalan burung kicauan ialah hal yang wajib dilakukan dalam setiap proses perawatan burung kicau yang baik. Salah satunya yang akan kami bahas berikut ini adalah tentang cara merawat dan melatih burung cucak hijau bakalan belajar bunyi dengan baik. Mungkin burung cucak hijau ialah burung yang sudah tidak asing lagi bagi para kicau mania, namun ternyata masih ada sobat kicau pemula yang masih bingung akan bagaimana cara merawat dan melatih burung cucak hijau bakalan belajar bunyi agar menjadi burung kesayangan yang rajin berkicau dan memiliki mental bagus. Nah, untuk itu kami akan mencoba membagikan cara merawat dan melatih burung cucak hijau bakalan agar kelak menjadi burung yang bagus untuk dijadikan burung kicauan dan gacoan. Cara yang kami tulis ini ialah berdasarkan pengalaman dari sobat-sobat kami yang telah bisa dikatakan sukses dalam merawat dan melatih burung cucak hijau kesayangannya menjadi burung yang bagus dan lumayan dijadikan burung gacoan lomba.

Melatih burung cucak hijau sebenarnya tidak sulit tetapi memerlukan kesabaran serta ketelatenan dalam setiap proses perawatan agar mendapatkan hasil yang baik. Setiap burung cucak hijau tentu berbeda-beda karakter dan kecerdasan yang tentunya akan berpengaruh terhadap kicauan burung tersebut. Selain itu proses waktu topeng burung cucak hijau juga sangat bervariasi, ada yang cepat dan ada juga yang lama. Sobat kicau semuanya, silahkan simak cara melatih burung cucak hijau bakalan yang kami sajikan dibawah :

Melatih Cucak Hijau Bakalan Belajar Bunyi

1. Pertama-tama ialah rawatlah burung cucak hijau kesayanagn sobat seperti pada umumnya yaitu dengan memandikan setiap pagi hari kalau bisa dibiasakan pakai kerambah agar bulu burung cucak hijau halus. Pemberian makanan pokok bisa dilakukan dengan memberikan pisang kepok dan kalau bisa jangan dikasih voer agar burung cucak hijau suaranya utuh dan bervolume seperti aslinya. Pemberian extra fooding (EF) bisa dilakukan dengan memberikan jangkrik 5 ekor setiap pagi dan 5 ekor setiap sore hari atau menyesuaikan kebiasaan atau setelannya. Kebersihan kandang rutin setiap hari dibersihkan. Penjemuran lakukan kurang lebih 2 jam setaip harinya.

2. Angin-anginkan dan tenggerkan burung cucak hijau tersebut setelah penjemuran atau kira-kira jam 10 pagi hingga jam 3 sore dan biarkan belajar bunyi (tidak perlu dikerodong). Bisa diberikan dengan suara mastering melalui audio player atau dengan burung langsung. Kalau dengan audio player memasternya jangan pakai suara yang terlalu keras (suara sedang saja).

3. Gebrak-gebrak sangkar setiap hari setidaknya sebentar-sebentar dengan tujuan agar burung cucak hijau tersebut mempunyai mental yang bagus dan mau berkicau disaat ada manusia didekatnya.

4. Kerodonglah saat malam hari, hal itu disarankan agar burung cucak hijau aman dari serangan nyamuk dan serangga lainnya seperti kaper yang kemungkinan akan dimakan burung cucak hijau tersebut yang akan membuatnya sakit hingga berujung kematian.

5. Jika cucak hijau tersebut sudah memiliki umur dan birahi yang cukup, coba dekatkan dengan cucak hijau lain atau ikut latihan bersama kurang lebih 2 kali dalam sebulan. Namun jika umur burung cucak hijau tersebut masih terlalu muda sebaiknya jangan diajak untuk latihan (digantangkan).

Demikianlah artikel burung cucak hijau yang bisa kami bagikan kepada sobat kicau semuanya agar bermanfaat. Jika terdapat kesalahan kami mohon maaf dan untuk informasi tentang burung kicau lainnya silahkan kunjungi website kami di informasi kicau. Terimakasih atas kunjungan sobat kicau semuanya dan Salam Kicau Indonesia ...

loading...

Posting Komentar

 
Top