Ukuran Sangkar Burung Pleci Yang Pas - Sangkar burung ialah hal yang tak kalah penting untuk diperhatikan dalam memelihara burung kicauan. Sangkar burung yang ukurannya sesuai untuk mewadahi burung tentunya akan berpengaruh baik untuk burungnya. Secara umum burung akan mau diwadahi disangkar apapun, meskipun besar dan diwadahi sangkar yang kecil tetap saja mau dan gak bisa ngeluh, namun hal itu akan berdampak buruk pada burungnya. Seperti contoh sangkar untuk burung pleci, burung pleci meskipun memiliki bentuk tubuh yang kecil tetapi sangkarnya juga harus disesuaikan agar burung pleci tersebut tetap nyaman dan senang hatinya didalam sangkar. 

Ukuran sangkar burung pleci yang pas ialah tidak terlalu besar dan tidak terlalu kecil. Menurut pengalaman para pleci mania sangkar pleci wajib mempunyai ukuran yang pas, tetap bersih dan enak dipandang hehehe. Biasanya sih ukuran sangar pleci yang banyak digunakan oleh para pleci mania baik itu sangkar harian maupun sangkar lomba yaitu memiliki ukuran yang sama antara lain : P x L x T = 22x22x50 cm . Sangkar pleci dengan ukuran tersebut sudah cukupan untuk mewadahi burung pleci. Tenggeran atau tangkringan juga berikan yang sedang saja (seukuran kaki burung pleci) dan minimal berikan 2 tenggeran atau tangkringan didalam sangkar burung pleci agar burung pleci tersebut bisa pindah-pindah tenggeran atau tangkringan layaknya dialam liarnya berpindah-pindah ranting pohon. Selain itu burung pleci juga wajib ditenggar disangkar yang besar minimal 1 kali dalam satu minggu. Hal itu dilakukan agar burung pleci bisa terbang bebas layaknya dialam liar, burung pleci bisa merebahkan sayapnya, terbang bebas didalam sangkar tenggaran setelah disangkar harian/lomba itu. Selain itu fungsi tenggaran pleci ialah nafas pleci menjadi panjang, yang artinya pada saat berkicau burung pleci mampu ngerol panjang.

Ukuran Sangkar Burung Pleci Yang Pas

Pada saat burung pleci ditenggar disangkar tenggaran sebaiknya jangan diberikan makanan ataupun minuman dan biarkan burung pleci fokus untuk beterbangan bebas. Biasanya kalau burung pleci belum terbiasa ditenggar tidak mau langsung terbang bebas saat pertama kali ditenggar, melainkan perlu adaptasi dulu. Untuk membantu burung pleci mau beterbangan sobat bisa mengibaskan tangan didekat pleci tersebut agar mau beterbangan bebas (berpindah tenggeran). Selain untuk burung pleci tenggaran juga wajib dilakukan untuk burung kacer, burung murai batu dsb.

Demikian informasi dari kami yang semoga bermanfaat bagi sobat kicau semuanya. Untuk informasi tentang seputar burung lainnya silahkan kunjungi website kami di informasi kicau. Terimakasih atas kunjungan sobat kicau semuanya, apabila terdapat salah kata ataupun salah penulisan kata kami mohon maaf. Salam Kicau ...


loading...
 
Top