Setelan Kacer Harian dan Lomba – Burung kacer merupakan burung kicauan yang banyak sekali para penggemarnya. Kicau burung kacer memanglah merdu dan memiliki suara ciri khas, yan menjadi alasan utama para kicau mania memelihara burung kacer. Selain untuk dijadikan sebagai burung ocehan dirumah, para penggemar kacer juga menjadikan burung kacer sebagai burung lomba. Selain kicauan burung kacer yang merdu dan khas, burung kacer juga memiliki gaya tarung yang sangat atraktif dan sportif. Kami mengatakan burung kacer sportif karena burung kacer yang mendapatkan juara ialah burung kacer yang mampu bertahan untuk bernyanyi dengan tenang diarena lomba, Sedangkan burung kacer yang mbedes/mbagong tentu tak akan mendapatkan juara karena sudah di diskualifikasi. Burung kacer yang dijadikan sebagai burung lomba dalam perawatannya tentu berbeda dengan burung kacer yang hanya dijadikan sebagai burung ocehan dirumah. Wajib melakukan perawatan khusus untuk burung kacer yang dijadikan sebagai burung lomba, mengingat burung kacer memiliki ciri khas mbedes/mbagong saat over birahi pada saat dilombakan.

Setelan burung kacer harian dan lomba perlu dilakukan untuk burung kacer yang dijadikan sebagai burung lomba. Wajib mencari setelannya yang pas agar burung kacer bisa tampil maksimal dan tidak mbedes/mbagong pada saat dilombakan. Mencari setelan burung kacer memanglah tidak mudah, melainkan memerlukan kesabaran dan ketelatenan dalam setiap prosesnya. Untuk itu kami akan membagikan cara tentang setelan burung kacer harian dan lomba kepada sobat kicau semuanya. Langsung saja simak caranya dibawah.

Setelan Kacer Harian dan Lomba

Setelan Kacer Harian dan Lomba :

1. Pertama-tama carilah setelan burung kacer terlebih dahulu dengan jangkrik. Mulai hari pertama berikan jangkrik sepuluh ekor dengan cara menaruh jangkrik didalam cepuk. Pantaulah burung tersebut mampu memakan berapa jangkrik. Jika 10 ekor jangkrik yang telah diberikan dimakan habis dan tak tersisa maka hari besok berikan 10 ekor jangkrik dengan cara yang sama. Jika 10 ekor jangkrik yang sobat berikan terahir tidak dimakan semuanya dan misalkan sisa dua maka ambilah jangkrik tersebut dan jangan diberikan lagi. Berarti burung kacer tersebut hanya memakan 8 ekor jangkrik. Untuk jumlah pemberian jangkrik selanjutnya berikan dengan jumlah  yang sama terakhir sobat berikan (yang dimakan burung kacer). Jika masih ada sisa lagi maka ambil lagi dan jangan berikan kembali, jumlah pemberian jangkrik selanjutnya sama dengan jumlah jangkrik yang dimakan burung kacer terakhir kali. Lakukanlah hingga sobat mengetahui berapa kemampuan dan kemauan burung kacer dalam memakan jumlah jangkrik tersebut tanpa sisa.

2. Jika sobat telah mengetahui kemauan dan kemampuan burung kacer dalam memakan jumlah jangkrik tersebut tanpa sisa, maka selanjutnya pemberian jumlah jangkrik wajib dilakukan dengan konsisten dan jangan diubah-ubah dengan jumlah jangkrik  yang telah sobat ketahui dan tentukan. Lakukan pemberian jangkrik pagi dan sore hari.

3. Lakukan pemandian dengan kerambah dan jangan paksakan burung kacer untuk mandi jika tidak mau mandi.

4. Saat menjelang lomba, pagi hari berikan jangkrik dengan jumlah yang sama seperti biasanya. Lihatlah kondisi burung, jika burung sudah cukup birahi, langsung bawa kelapangan dan gantangkan. Namun jika kondisi burung kurang birahi maka sobat bisa memberikan dengan kroto segar atau ulat hongkong saat menjelang lomba dengan cara pemberiannya diloskan atau berikan semau burung kacer tersebut makan. Setelah kenyang dan tidak mau makan kroto segar atau ulat hongkong yang sobat berikan maka ambilah makanan tambahan tersebut dan burung siap dilombakan.

Cara diatas adalah pengalaman dari para kicau mania dalam menyetel burung kacer untuk lomba, semoga cara yang kami tulis diatas dapat menjadi referensi bagi sobat kicau semuanya dalam menyetel burung kacer kesayangannya untuk dilombakan. Jika cara diatas belum bisa menangani burung kacer sobat, maka carilah cara yang lain hingga burung kacer sobat ketemu setelannya.

Demikian informasi yang bisa kami bagikan dan untuk informasi tentang seputar burung kicauan silahkan kunjungi website kami di informasi kicau. Terimakasih atas kunjungan sobat kicau semuanya dan apabila terdapat kesalahan kata ataupun penulisan kata kami mohon maaf. Selamat mencoba ...

loading...
 
Top