0
Merawat Burung Kenari Untuk Lomba - Burung kenari memang memiliki kicauan yang merdu serta ngerol. Para kicau mania biasanya merawat burung kenari untuk dijadikan sebagai burung ocehan dirumah, burung master hingga menjadikannya sebagai burung lomba. Merawat burung kenari dari anakan hingga mau berkicau dengan rajin adalah hal yang tidak terlalu sulit, cukup dengan membersihkan sangkar setiap hari, memberikan pakan yang baik serta mengatur pemberiannya agar burung kenari tidak terlalu gemuk, memandikan bila perlu, menjemur setiap hari secukupnya dan memberikan suara master. Namun hal itu memerlukan waktu kurang lebih sekitar 8 bulan. Untuk merawat hariannya pun sama seperti itu. Tetapi akan berbeda jika sobat merawat burung kenari untuk lomba, harus tau karakter burung kenari tersebut, mengatur birahi burung kenari tersebut agar stabil dan tidak kurang ataupun terlalu over birahinya.

Merawat burung kenari untuk lomba hariannya cukup berikan milet yang tercampur dengan biji sawi serta  berikan sawi segar setiap harinya, tambahkan telur rebus 2 kali dalam seminggu. Biji sawi mampu meningkatkan birahi dari burung kenari tersebut. Biasanya burung kenari yang sudah berumur dewasa (birahi) burung kenari akan cenderung berbunyi ngerol dengan suara yang keras, hal itu disebabkan karena kicauan burung kenari tersebut untuk menarik perhatian sang betina. Jangan lupa bersihkan sangkar harian agar burung tetap sehat dan bebas kutu. Merawat burung kenari untuk lomba ketika H-5 kerodong full burung kenari tersebut dengan tujuan agar stamina dan energi burung kenari tersimpan dan dapat dikeluarkan dengan maksimal pada saat lomba. Pada saat full pengkerodongan jangan lupa tetap bersihkan sangkar harian dan jemur setiap hari, mandikan bila perlu. Setelah menjelang atau H-1 lomba lihatlah kondisi burung kenari tersebut, jika burung kenari terlalu over birahi, sobat bisa memberikannya pakan dengan jagung muda, tujuannya untuk menurunkan birahi yang berlebihan pada kenari tersebut. Akan tetapi untuk kenari yang belum terbiasa makan jagung biasakanlah terlebih dahulu atau mencoba menggantikannya dengan buah mentimun. Namun jika burung kenari yang akan dilombakan kurang birahi, bisa mendekatkannya dengan kenari betina dengan tujuan meningkatkan birahi burung kenari tersebut. Download suara burung kenari bagi sobat yang belum punya dengan cara klik disini.

merawat burung kenari untuk lomba

Cara diatas adalah cara yang mungkin bisa membantu sobat kicau semua dalam menyiapkan burung kenarinya yang akan dilombakan. Namun jika sudah menerapkannya tetapi belum berhasil maka cobalah dengan cara yang lain dan carilah cara hingga burung kenari sobat ketemu setingannya. Karena pada umumnya setiap burung berbeda-beda karakter dan kemauannya. Demikianlah informasi merawat burung kenari untuk lomba, semoga bermanfaat bagi sobat kicau semuannya. Untuk informasi tentang burung lainnya silahkan kunjungi website kami di informasi kicau. Terimakasih
loading...

Posting Komentar

 
Top