0
Fungsi Tenggaran Pleci - Burung pleci merupakan burung yang dijadikan sebagai burung kicauan dan dijadikan burung lomba. Dalam merawat burung pleci hingga mau berkicau dengan rajin dan bisa dibuat burung lomba adalah hal yang tidak mudah, perlu perawatan serta pemberian pakan yang baik dalam setiap prosesnya. Selain itu menenggar atau mengumbar pleci dalam kandang umbaran juga tak kalah penting bagi pleci bakalan maupun pleci gacoan atau pleci yang dijadikan burung lomba. Burung pleci yang tenggar/diumbar dalam kandangan dan tidak akan sangat berbeda, karena mengumbar burung pleci dikandang umbaran akan membuat pleci merasa seperti dialam liarnya. Burung pleci juga bisa terbang dan merebahkan sayapnya yang kaku setelah beberapa hari disangkar yang kecil didalam kandang umbaran. Nafas pleci yang diumbar dalam kandang umbaran akan lebih panjang dan pleci juga tidak mudah stres.

Fungsi tenggaran pleci yang lain ialah meningkatkan kinerja atau power serta volume burung pleci saat dilombakan. Untuk cara menenggarkannya bisa dikandang tenggaran/umbaran dengan ukuran kira-kira P=2m x L=1 x T=1m dan melakukannya seminggu sekali atau 2 kali, pada saat menenggarkannya taruh kandang tenggaran dilingkungan yang sejuk, terkena sinar matahari serta seperti dialam liar burung agar pleci senang hatinya dan beterbangan sambil berkicau, namun tetap pantau pleci meskipun didalam kandang umbaran, karena takutnya ada pemangsa/pengganggu dari luar kandang. Biasanya pleci yang telah lama didalam sangkar kecil dan baru ditaruh dalam kandang umbaran akan beradaptasi terlebih dahulu sebelum pleci beterbangan didalam kandang umbaran. Pernah juga kita lihat pleci yang baru ditenggar dan sebelumnnya belum pernah ditenggar, pertama kali masuk kandang tenggaran lah kok malah jalan kaki dan belum mau terbang bebas didalam kandang umbaran, namun ketika sudah beradaptasi, pleci akan mau beterbangan dengan riang didalam kandang umbaran.

fungsi tenggaran pleci

Sebagai catatan dan saran saja buat sobat pleci mania yang baru memelihara burung pleci, dalam membuat burung pleci mau berkicau gacor ialah hal yang tidak mudah, perlu ketelatenan dan kesabaran dalam setiap prosesnya. Lakukanlah hal terbaik untuk pleci kesayangan sobat semua dan jangan pernah bertindak kasar kepada pleci yang sobat pelihara karena akan membuat pleci tersebut stres dan tidak mau berkicau dengan rajin. Sebelum memelihara burung pleci sobat lebih lanjut sebaiknya kenalilah lebih dalam tentang pleci kesayangan sobat, pahamilah karakter dan kecerdasan dari pleci kesayangan sobat, karena hal itu akan berpengaruh terhadap kicauan dari pleci tersebut.

Demikian informasi dari kami, semoga bermanfaat bagi sobat kicau semuannya. Untuk informasi seputar dunia hobi kicau lainnya silahkan kunjungi website kami di informasi kicau. Terimakasih atas kunjungan sobat kicau semua dan apabila ada salah kata serta penulisan kami mohon maaf. Salam sukses ^-^
loading...

Posting Komentar

 
Top