Cara Merawat Prenjak Tamu Hasil Pikat Liaran - Burung prenjak tamu adalah salah satu burung kicauan yang memiliki suara khas dan merdu yang banyak digemari oleh para penggmar burung indonesia. Burung prenjak tamu masih banyak ditemukan dipekarangan rumah, kebun ataupun hutan. Dialam liarnya burung yang satu ini hidup berpasang-pasangan dan berkicau sahut-sahutan antara yang jantan dan betina. Suara burung prenjak tamu jika hanya berkicau yang jantan/betina saja rasanya kurang pas dan perlu adanya kombinasi suara jantan dan betina dengan kompak. Makanan pokok untuk burung yang satu ini ialah jenis serangga kecil seperti jangkrik kecil, ulat kandang, ulat hongkong dsb. Dialam liarnya burung prenjak tamu sangat aktif dan lincah. Namun merawat burung yang satu ini yang ditangkap dari alam liarnya hingga mau berkicau didalam sangkar ialah hal yang tidak mudah, melainkan memerlukan ketelatenan, kesabaran serta perawatan yang baik dalam setiap prosenya.

Cara Merawat Prenjak Tamu sebenarnya tidak terlalu sulit, namun masih ada para kicau mania yang belum memahami cara memelihara prenjak tamu yang ditangkap dari alam liarnya. Untuk itu kami akan berbagi cara tentang bagaimana merawat prenjak tamu yang ditangkap dari alam liarnya. Langsung simak saja caranya dibawah.

Cara Merawat Prenjak Tamu Hasil Pikat Liaran


1. Pertama-tama ialah melihat kondisi dari burung tersebut, pastika burung tidak cacat, sehat dan lincah. Pastikan burung prenjak yang akan dipelihara ada 2 ekor yang sejodoh. Karena prenjak tamu akan cepat berkicau jika sejodoh dan kicauanya sahutan antara jantan dan betina. 

2. Yang kedua ialah pisahkan burung prenjak jantan dan betina disangkar sekat. Pastikan kedua burung tersebut jodoh, karena hal itu akan mempercepat proses berkicau.

3. Yang ketiga berikan pakan dengan ulat kandang full didalam wadah makannya dan jangan lupa berikan air minum. Setelah burung prenjak beradaptasi didalam sangkar, campurlah ulat kandang dengan voer tipis saja.

4. Untuk pemandiannya bisa dilakukan pada pagi hari dengan memberikan cepuk air yang terisi air penuh dan melakukan pemandian tersebut setelah burung prenjak beradaptasi didalam sangkar, jika burung prenjak baru didapat sebainya jangan dimandikan terlebih dahulu dan lakukan penjemuran setiap hari secukupnya saja.

5. Pemberian ulat kandang wajib dilakukan setiap hari meskipun burung prenjak sudah mau makan voer, hal ini dilakukan agar burung prenjak mampu bertahan hidup didalam sangkar dan mempercepat proses birahi hingga mau berkicau.

Untuk download suara kicau prenjak tamu silahkan klik disini.

Lakukanlah hal tersebut dengan rutin dan konsisten hingga burung prenjak tersebut mau berkicau dengan rajin setiap hari. Demikianlah cara yang bisa kami bagikan kepada sobat kicau semuanya yang semoga bermanfaat. Untuk informasi tentang burung kicau lainnya dan download suara burung silahkan kunjungi website kami di informasi kicau. Terimakasih atas kunjungan sobat kicau semuanya dan apabila ada salah kata atau salah penulisan kata kami mohon maaf. Salam Kicau ^-^ 
loading...
 
Top