0
Burung Gelatik Batu - Burung gelatik batu merupakan salah satu burung kicauan yang banyak diminati para kicau mania. Burung yang satu ini memiliki ciri fisik yang lucu dan indah ketika dilihat, yaitu bertubuh kecil berwarna belang putih dan hitam secara teratur. Kicauan burung gelatik batu tidak kalah dengan kicauan burung kicau lainnya. Burung gelatik batu biasanya dijadikan sebagai kicauan (ocehan) dirumah dan dijadikan sebagai burung untuk memaster burung kicau lainnya. Kicauan burung gelatik batu juga bagus dijadikan sebagai kicauan master untuk burung pleci. Populasi burung yang satu ini semakin punah, hal itu disebabkan karena banyaknya para pemikat burung yang menangkapnya dialam liar secara terus-menerus. 

Burung gelatik batu memiliki sifat yang nergik atau sangat lincah. Jadi sobat kicau yang memelihara burung gelatik batu yang gesit dan lincah, sebaiknya jangan cemas karena hal itu adalah sifat dasar dari burung tersebut. Burung yang satu ini sangat aktif dialam liarnya bergerak dan terbang naik turun atau berpindah-pindah ranting dipepohonan. Biasanya burung gelatik batu hidup berkoloni atau berpasangan dialam liarnya pada saat istirahat atupun mencari makan (kehidupan sehari-hari). Dialam liarnya burung jenis ini memakan berbagai jenis serangga seperti ulat, jangkrik dsb. Biasanya perkembangbiakan burung yang satu ini berlangsung pada bulan april hingga juni.

burung gelatik batu

Perbedaan jenis kelamin burung gelatik batu

Pada umumnya burung gelatik batu yang berjenis kelamin jantan memiliki lingkaran garis hitam pada leher, dada hingga ekor yang tebal dan tidak terputus. Untuk burung gelatik batu yang berjenis kelamin betina hanya memiliki lingkaran garis hitam pada leher hingga dada. Semakin bertambah umur burung gelatik batu tersebut maka semakin tebal dan jelas garis hitamnya.


Perawatan dan pakan harian burung gelatik batu

Untuk perawatan harian burung gelatik batu tidak terlalu sulit dan bisa dibilang mudah. Cukup dengan memandikan burung setiap pagi sekitar jam 07.00 dan membersihkan sangkar dari kotoran burung tersebut maupun kotoran lainnya secara rutin setiap hari. Jangan lupa untuk menjemurnya setiap habis dimandikan dan dibersihkan sangkarnya kira-kira 2 jam. Dekatkan burung gelatik batu tersebut dengan burung-burung kecil lainnya seperti kenari, cibel dsb, agar burung gelatik batu tersebut cepat gacor dan dapat menirukan suara jenis burung lainnya yang didengarnya setiap hari. Buatlah burung tersebut senang dan nyaman didalam sangkar sehingga burung tersebut mau berkicau dengan rajin. Untuk makanannya bisa memberikan voer untuk makanan pokoknya dan bisa memberikan makanan tambahan seperti jangkrik, ulat kandang atau ulat hongkong dengan takaran yang pas dan sesuai kebiasaan atau kemauan burung tersebut, berikan rutin setiap pagi dan sore hari agar burung tersebut bertambah birahi sehingga mau berkicau dengan rajin. Untuk sobat kicau yang belum mempunyai suara burung gelatik batu langsung klik disini untuk mengunduhnya.

Demikian informasi teentang burung gelatik batu yang bisa kami sajikan. Semoga bermanfaat bagi sobat kicau semuanya. Untuk mendapatkan informasi dan download suara burung lainnya silahkan kunjungi website kami di informasi kicau. Terimakasih
loading...

Posting Komentar

 
Top