0
Burung Cucak Hijau - Burung cucak hijau memiliki nama ilmiah Chloropsis sonnerati. Burung yang satu ini merupakan burung yang paling populer didunia hobi kicau. Ciri fisik dari burung cucak hijau ialah bertubuh sedang sebesar burung kacer, dengan panjang tubuh total (diukur dari ujung paruh hingga ujung ekor) sekitar 22 cm dan memiliki warna tubuh dominan hijau, untuk burung cucak hijau yang berjenis kelamin jantan memiliki topeng hitam pada bagian wajahnya, sedangkan burung cucak hijau betina tidak memiliki topeng pada bagian wajahnya. Burung ini memiliki suara yang khas yang sangat merdu dan enak didengarkan. Burung cucak hijau sangat cocok untuk dijadikan sebagai burung ocehan dirumah atau dijadikan sebagai burung lomba (aduan). Selain suaranya yang khas burung cucak hijau juga memiliki gaya tarung yang unik, yaitu berkicau sambil ngentrok. Setahu kami jenis burung cucak hijau sangat beragam menurut dari populasi alam asalnya yaitu jenis cucak hijau semenanjung malaya, kalimantan, sumatra, jawa dan bali. Burung cucak hijau juga mampu menirukan suara jenis burung lainnya yang artinya suara burung cucak hijau tidak monoton (bervariasi). Biasanya dalam penilaian perlombaan burung cucak hijau salah satunya ialah variasi suara dari burung cucak hijau tersebut.

Burung cucak hijau memakan buah-buahan dan serangga kecil seperti jangkrik, belalang, ulat dsb. Dalam merawat burung cucak hijau sobat kicau semua wajib melakukan cara yang baik serta makanan yang baik pula. Akan lebih baik untuk memberikan makanan pokok dengan pisang kepok dan tidak memberikannya dengan voer. Untuk makanan tambahan seperti serangga-serangga kecil diberikan sesuai takaran dan dengan konsisten setiap pagi dan sore hari untuk menambah birahi burung tersebut sehingga mau berkicau dengan rajin. Membersihkan kandang harian secara rutin agar burung cucak hijau bebas kutu dan tetap sehat. Memandikan dan menjemur burung cucak hijau secara rutin setiap hari juga perlu dilakukan. Tempatkan atau gantang burung cucak hijau ditempat yang aman, bebas dari pengganggu dari luar sangkar. Jangan lupa untuk mengganti air minum burung tersebut setiap hari agar air tetap segar dan bersih. 

burung cucak hijau

Kami sarankan untuk sobat kicau semua sebelum merawat burung cucak hijau lebih lanjut, kenalilah karakter dan kecerdasan dari burung tersebut lebih dalam. Karena hal itu akan berpengaruh terhadap kicauannya. Untuk settingan lomba burung cucak hijau sebaiknya melihat dari kondisi burung tersebut, cobalah berbagai cara hingga ketemu settingannya. Karena setiap burung cucak hijau berbeda-beda kemauan, karakter serta settingannya. Demikian informasi dari kami tentang burung cucak hijau, semoga bermanfaat bagi sobat kicau semuannya. Untuk informasi tentang burung lainnya dan download suara burung silahkan kunjungi website kami di informasi kicau. Terimakasih.
loading...

Posting Komentar

 
Top