0
Burung Cinta Atau LoveBird - Burung cinta atau lebih dikenalnya dengan julukan bahasa inggris yaitu lovebird adalah satu burung dari sembilan jenis spesies genus agapornis dari bahasa yunani agape yang artinya cinta dan ornis yang artinya burung menjadi burung cinta. Mereka adalah jenis burung yang bertubuh kecil dan hampir mirip dengan burung betet atau nuri tetapi tubuhnya lebih kecil dan ekornya terlihat lebih pendek. Ukuran panjang tubuhnya sekitar 13 hingga 17 cm dengan berat badannya sekitar 40 hingga 60 gram. Burung yang satu ini hidup secara bersosial atau berkoloni rukun antara satu dengan yang lainnya. Delapan dari sembilan spesies ini berasal dari afrika dan satu dari sembilan spesies atau yang berkepala abu-abu berasal dari madagaskar. Nama burung cinta atau lovebird berasal dari kelakuan burung tersebut yang terlihat mesra dengan pasangannya. Sifat pasangan burung cinta atau lovebird adalah monogami dialam bebas. Setahu kami burung cinta memakan biji-biji milet dan sayuran seperti kangkung, toge dan jagung. Banyak para kicau mania yang tertarik untuk memelihara burung yang satu ini karena burung cinta memiliki bentuk tubuh yang lucu serta warnanya yang bevariasi serta indah , selain itu burung ini memiliki suara yang khas dan bagus untuk dijadikan suara master burung kicau lainnya.

Burung cinta atau lovebird juga dijadikan burung lomba (aduan) oleh para kicau mania. Lovebird yang memiliki suara kekekan yang keras dan panjang yang dijadikan patokan sebagai juara dalam perlombaan lovebird. Ujar para kicau mania burung cinta yang memiliki kekekan dan mau ngekek panjang diarena lomba ialah burung cinta yang berjenis kelamin betina. Namun biasanya untuk lovebird yang berjenis kelamin jantan yang suaranya lebih bervariasi (menirukan suara burung lainnya). Perawatan lovebird bisa dibilang mudah dan tidak terlalu sulit yaitu dengan membersihkan sangkar harian, memberikan makanan yang baik dan cukup, memandikan atau mandi sendiri, menjemur dan melatihnya dengan rutin setiap hari. Namun untuk perawatan lovebird yang dijadikan sebagai burung lomba memang harus melakukan cara dan settingan khusus agar burung lovebird tersebut mau berkicau diarena lomba dan kemungkinan bisa mendapatkan juara. Untuk jenis-jenis burung cinta atau lovebird akan kami bahas dibawah.

Jenis-jenis burung cinta atau lovebird :

jenis lovebird
Black-Masked Lovebird
(Agapornis personata)
Daerah : Tanzania, Burundi dan Kenya.



jenis lovebird
Fischer's Lovebird
(Agapornis fischeri)
Daerah : Bagian selatan Danau Victoria di Tanzania utara



jenis lovebird
Lilian's Lovebird
Nyasa Lovebird
(Agapornis lilianae)
Daerah : Malawi



jenis lovebird
Black-cheeked Lovebird
(Agapornis nigrigenis)
Daerah : Zambia



jenis lovebird
Peach-faced Lovebird
(Agapornis roseicollis)
Daerah : Namibia, Africa Selatan, Angola



jenis lovebird
Black-winged Lovebird
Abyssinian Lovebird
(Agapornis taranta)
Daerah : Eritrea selatan sampai Ethiopia selatan



jenis lovebird
Red-faced Lovebird
(Agapornis pullarius)
Daerah : Daerah Afrika tengah



jenis lovebird
Grey-headed Lovebird
or Madagascar Lovebird
(Agapornis canus)
Daerah : Madagaskar



jenis lovebird
Black-collared Lovebird
or Swindern's Lovebird
(Agapornis swindernianus)
Daerah : Bagian khatulistiwa Afrika

Demikian informasi dari kami tentang burung cinta atau lovebird. Semoga bermanfaat bagi sobat kicau semuanya. Untuk informasi tentang burung lainnya dan download suara burung silahkan kunjungi website kami di informasi kicau. Terimakasih.

loading...

Posting Komentar

 
Top