0
Merawat Burung Sogok Ontong Liar – Burung sogok ontong adalah salah satu jenis burung dari jenis burung kolibri. Burung sogok ontong memiliki bentuk fisik yang kecil seukuran dengan burung pleci dan burung kemade. Memiliki paruh yang panjang untuk menghisap sari-sari bunga yang sebagai makanan pokoknya dialam liar. Burung sogok ontong jantan memiliki warna dada hingga perut bagian bawah kuning dan wajah hingga leher depan berwarna hitam kebiruan, serta kepala, punggung dan sayap berwarna hijau tua keabu-abuan. sedangkan burung sogok ontong betina memiliki warna leher hingga perut bagian bawah kuning dan kepala hingga punggung serta sayapnya berwarna hijau tua keabu-abuan. Populasi burung sogok ontong dialam liar masih sangat banyak, hal ini dikarenakan perawatannya yang tidak gampang. Para pecinta kicau banyak yang tertarik untuk memelihara atau merawat burung sogok ontong karena suaranya yang khas, cecretannya yang ngerol serta lantang. Suara burung sogok ontong juga bagus untuk dijadikan sebagai master jenis burung lainnya. Biasanya burung sogok ontong didapat dari hasil pikatan, untuk itu merawat burung sogok ontong liar tersebut butuh proses yang bertahap.

Merawat burung sogok ontong liar sebenarnya tidak terlalu sulit, tetapi butuh ketelatenan dan trik atau tips agar burung sogok ontong tersebut mampu bertahan hidup serta mau berkicau didalam sangkar. Untuk itu kami akan membagikan cara tentang bagaimana merawat burung sogok ontong liar yang didapat dari hasil pikatan. Langsung saja sobat kicau simak caranya dibawah.

burung sogok ontong jantan

Merawat Burung Sogok Ontong Liar :

1. Tahap Adaptasi
Burung sogok ontong yang baru didapat dari hasil pikatan tentu tidak tenang dan stres. Untuk itu biarkan burung tersebut beradaptasi didalam sangkar dan dilingkungan manusia. Hal yang perlu dilakukan ialah menaruhnya disangkar yang tidak terlalu kecil dengan tujuan burung tersebut masih bisa beterbangan meskipun didalam sangkar. Berikan madu yang dicampur dengan air agar tidak terlalu kental atau bisa juga memberikannya air gula yang manis. Jangan memberikan air campuran madu ataupun gula yang masih panas, karena hal itu dapat mengakibatkan hal fatal (burung mati). Taruh atau gantang sangkar burung tersebut ditempat yang tenang, bisa menaruhnya dibawah pepohonan. Jangan memandikan dan menjemur terlalu panas burung sogok ontong tersebut dalam masa atau tahap adaptasi.

2. Tahap Penjinakan
Setelah burung sogok ontong tersebut beradaptasi dengan baik dan terbiasa didalam sangkar dan dilingkungan manusia, lakukanlah hal berikut : Memandikan dan menjemur burung sogok ontong tersebut rutin setiap hari. Membersihkan sangkar harian serta memberikan air gula atau air madu yang sudah kami jelaskan diatas dengan rutin setiap hari. Jangan lupa, jangan pernah memberikan air gula atau air madu dalam keadaan panas. Taruhlah burung sogok ontong tersebut ditempat yang selalu dilewati dengan manusia. Lakukanlah hal tersebut hingga burung sogok ontong mau berkicau.

Demikian informasi dari kami tentang merawat burung sogok ontong liar. Semoga bermanfaat bagi sobat kicau semuannya dan jika cara diatas masih gagal, cobalah dengan cara yang lain. Untuk informasi tentang seputar hobi kicau silahkan kunjungi situs kami di informasi kicau. Terimakasih.

loading...

Posting Komentar

 
Top