0
Cara Merawat Trucukan Harian Agar Ropel Dan Gacor - Burung trucukan adalah salah satu burung yang memiliki kicauan yang lantang, merdu, ropel dan enak didengar dan kicauannya mirip dengan kicauan burung cucak rawa. Ropelan pada burung trucukan juga berdurasi lama jika trucukan sudah mapan dan rajin berkicau. Namun membuat trucukan untuk rajin berkicau dan ropelan tentunya tidak mudah, membutuhkan proses, waktu dan kesabaran. Sebenarnya untuk merawat trucukan tidak terlalu sulit, makanannya juga mudah untuk didapatkan dilingkungan sekitar manusia yaitu buah-buahan seperti buah pisang, pepaya dsbg. Untuk voer dan jangkrik atau ulat, itu menurut kami hanya tambahan saja. Namun,  jangkrik juga gak kalah penting untuk merangsang trucukan agar cepat berkicau gacor.

Cara Merawat Trucuk Harian Agar Ropel Dan Gacor, dalam melakukan hal itu tentu tidak jauh berbeda dengan merawat burung kicauan lainnya. Bahkan trucukan lebih mudah beradaptasi dengan lingkungan sekitar manusia dan tidak gampang stres. Kami sarankan sebelum sobat-sobat memelihara trucukannya lebih lanjut, kenalilah trucukan sobat lebih dalam, pastikan trucukan berjenis kelamin jantan, karena trucukan yang berkelamin jantan pastinya yang mau berkicau dengan lantang, merdu, rajin dan ropelan. Selain itu setiap burung trucukan berbeda-beda karakter dan kecerdasan yang sangat berpengaruh terhadap kicauan burung trucukan tersebut. Setelah mengenal lebih dalam tentang trucukan sobat dan memastikan trucukan sobat berkelamin jantan langkah selanjutnya adalah merawat trucukan tersebut dengan baik agar trucukan merasa nyaman, senang hatinya dan mau berkicau. Untuk itu kami akan membagikan cara tentang bagaimana merawat trucukan harian agar mau berkicau (ropelan) dan gacor. Langsung simak caranya dibawah. Baca juga : Cara membedakan jenis kelamin burung trucukan.

cara merawat trucuk harian

Cara merawat trucukan harian agar  ropel dan gacor :

1. Pertama-tama pastikan trucukan sobat sehat dan sobat selalu menjaga kesehatannya sepanjang waktu. Buatlah trucukan senyaman dan sesenang mungkin didalam sangkar trucukan tersebut. Karena bisa dipastikan bahwa trucukan yang sehat , merasa nyaman dan senang hatinya  didalam sangkar, pasti akan mau berkicau.

2. Pagi hari pukul 05.00 keluarkan trucukan untuk diembunkan dan agar trucukan mendapatkan oksigen yang masih bersih. Gantanglah ditempat yang tinggi agar trucukan berkicau dengan lantang. Kalau bisa jangan pindah-pindah gantangan yang diluar rumah maupun didalam rumah, agar trucukan tersebut berkuasa ditempat yang setiap harinya di tempati.

3. Sekitar pukul 07.30 mandikan trucukan tersebut dengan cara disemprot atau dikerambah, menyesuaikan dengan kebiasaannya. Bersihkan sangkar dari seluruh kotoran pada sangkar, agar sangkar bersih dari kotoran dan kutu. Berikan jangkrik 3 ekor. Jangan lupa berikan buah dengan buah pisang kepok, pepaya, apel dsb. Ganti air minum dan tambahkan voer atau ganti voer minimal 2 hari sekali.

4. Setelah itu jemurlah trucukan tersebut hingga kurang lebih 2 jam atau  sampai sekitar pukul 10.00 pagi. Setelah itu trucukan diteduhkan dan diangin-anginkan diteras sekitar 15 menit. Setelah itu masukan trucukan kedalam rumah dan digantang ditempat biasanya didalam rumah. Biarkan trucukan tenang dan berkicau. Bisa juga memaster trucukan tersebut dengan suara ropelan trucukan atau suara burung lain jika diinginkan, bisa menggunakan burung langsung atau bisa juga memutar mp3 suara burung hingga sore sekitar pukul 03.00.

5. Sore hari sekitar pukul 03.00, angin-anginkan trucukan diteras dan berikan lagi jangkrik 3 ekor. Mandikan apabila perlu. Setelah selesai diangin-anginkan sekitar pukul 04.30, masukan kembali trucukan kedalam rumah dan gantang ditempat biasanya didalam rumah. Namun jika sobat repot dengan pekerjaan atau repot lainnya, Sore hari trucukan tidak dikeluarkan tidak terlalu berpengaruh atau tidak apa-apa. Hanya saja perlu memberikan jangkrik 3 ekor.

Lakukanlah cara diatas dengan konsisten dan rutin setiap hari, agar trucukan sobat cepat berkicau, ropel dan gacor. Demikian informasi dari kami tentang cara merawat trucukan harian agar ropel dan gacor. Semoga bermanfaat, selamat mencoba dan semoga sukses. Terimakasih.
loading...

Posting Komentar

 
Top