0
Cara Merawat Pleci Untuk Lomba – Merawat pleci yang dijadikan untuk lomba dan pleci yang hanya dijadikan ocehan dirumah saja tentu berbeda. Dalam merawat burung pleci yang dijadikan burung lomba memang harus memiliki tips tersendiri agar pleci gacoannya (pleci yang dijadikan burung lomba) mampu menampilkan kicauan dan gaya tarung yang maksimal ketika diarena lomba. Dari pengalaman para pleci mania dalam merawat pleci gacoannya tentu berbeda-beda, karena setiap burung pleci berbeda karakternya. Pemberian pakan adalah salah satu hal yang menentukan kinerja dari burung pleci tersebut. Pleci yang dijadikan burung gacoan harus diberikan extra fooding yang banyak mengandung vitamin dan pemberiannya yang sesuai setingan pleci tersebut. Selain itu untuk perawatan hariannya juga harus hati-hati, meneliti kesehatan pleci setiap hari, menjaga kebersihan burung maupun kandangnya dan merawat pleci dengan senang hati agar pleci tersebut juga ikut senang hatinya.

Cara merawat pleci untuk lomba, jangan sesekali berperilaku kasar kepada pleci tersebut. Karena hal itu akan membuat pleci sobat menjadi takut dengan sobat, giras dan bahkan stres. Jadi rawatlah pleci gacoan sobat dengan baik. Jangan terlalu memaksakan pleci untuk dilombakan jika kondisi pleci kurang baik dan kurang siap untuk lomba. Misalkan pleci dalam keadaan over birahi (Birahi berlebihan), sulam atau mabung, kurang birahi, dan pleci dalam keadaan kurang sehat atau bahkan sakit. Perhatikanlah pleci gacoan sobat dengan baik, lakukanlah hal yang membuat pleci tersebut menjadi nyaman dan tidak terganggu dengan lingkungan sekitar. Jangan dekatkan pleci tersebut dengan hal yang membuatnya takut atau tidak nyaman. Buatlah pleci sesenang mungkin, agar pleci tetap sehat dan tidak mudah stres. Selain itu perawatan harian yang bisa dilakukan sobat semua untuk pleci gacoannya bisa disimak caranya dibawah. Disini saya misalkan untuk lombanya hari minggu, jadi nanti biar enak jelasinnya.

burung pleci

Cara merawat pleci untuk lomba :

1. Diawali dari hari senin pagi jam 07.00 pleci dikeluarkan dan diangin-anginkan.
2. Mandikan pleci dengan cara disemprot atau diberi cepuk kecil agar mandi sendiri.
3. Pastikan pleci tetap dengan cewekan/cesnya dengan menempelkan sangkarnya.
4. Setelah dimandikan, ganti air minum, voer dan buahnya serta berikan ulat hongkong 2 ekor.
5. Berikan buah dengan buah pisang hingga hari rabu.
6. Setelah itu, jemurlah pleci cukup dengan 15-30 menit saja, lalu masukan kedalam rumah.
7. Sore hari pleci dikeluarkan untuk diangin-anginkan dan mandikan bila perlu.
8. Berikan ulat hongkong 2 ekor.
9. Setelah selesai angin-anginkan dan kering apabila dimandikan, masukan kedalam rumah.
10. Lakukan hal tersebut setiap hari.
11. Pada hari kamis, ganti buah dengan pepaya dan pleci dijadikan satu dengan cewekannya.
12. Pada hari jum’at pisahkan pleci dengan tetap ditempelkan dan ganti buah dengan pisang.
13. Pada hari sabtu sore, tambahkan kroto satu cepuk sedang atau secukupnya.

Saat dilapangan lomba :

Tetap koloni (tempelkan)pleci dengan cewekan atau cesnya dan berikan ulat hongkong 2 ekor yang putih. 30 menit sebelum digantangkan, pisahkan pleci dengan cewekannya dan koloni pleci dengan pleci jantan lainnya. Sebelum digantangkan, tambahkan lagi 2 ekor ulat hongkong yang putih, ambil semua cepuk dalam sangkar dan angkat pleci hingga ngalas-ngalas dan kemudian gantangkan.
Demikianlah informasi dari kami yang bisa kami bagikan kepada sobat semua. Cara diatas adalah cara merawat pleci gacoan yang bisa untuk referensi sobat semua dalam menyetting pleci gacoannya untuk lomba, karena mengingat bahwa karakter pleci berbeda-beda. Semoga saja pleci sobat bisa menampilkan kicauan dan gaya tarung yang maksimal pada saat dilombakan dengan melakukan cara diatas. Namun jika sobat sudah melakukan cara diatas tetapi pleci sobat belum bisa menampilkan kicauan dan gaya tarung yang maksimal pada saat dilombakan, sobat perlu mencoba cara yang lain yang bisa membuat pleci gacoan sobat tampil maksimal pada saat dilombakan. Selamat mencoba, semoga sukses dan terimakasih.

loading...

Posting Komentar

 
Top