0
Cara Merawat Pleci Anakan Atau Piyikan - Burung pleci saat ini sangat banyak penggemarnya dari kalangan remaja hingga dewasa. Burung pleci mempunyai suara ngalas yang khas, merdu dan lantang. Selain itu burung pleci juga bisa menirukan suara jenis burung lain yang bervariasi. Banyak pleci mania yang memelihara burung pleci dari kandang ombyokan (hasil tangkapan liar) maupun dari anakan yang diambil dari sarang burung pleci. Pleci yang dipelihara dari anakan lebih mudah beradaptasi dengan lingkungan manusia, lebih jinak, lebih mudah untuk dibentuk karakternya dan lebih mudah untuk dimaster dengan suara burung yang sesuai dengan kemauan sobat. Namun merawat pleci anakan memerlukan ketelatenan serta kesabaran, karena memelihara burung pleci dari anakan pastinya kita harus menyuap makanannya untuk pleci anakan yang belum bisa makan sendiri. Tetapi, memelihara burung pleci dari anakan lebih besar peluangnya untuk mendapatkan hasil yang optimal. Memelihara pleci dari kandang ombyokan (hasil tangkapan liar) yang masih muda juga lebih mudah beradaptasi dengan lingkungan manusia, mudah dire-mastering dan lebih mudah dibentuk karakternya namun harus menjinakkan terlebih dahulu dan memerlukan waktu yang tidak sebentar. 

Cara merawat pleci anakan tentu hal yang tidak mudah dan memerlukan ketelatenan seperti yang saya bilang diatas, sabar dan harus memperhatikan makanannya yang benar dan mempunyai kandungan gizi yang baik untuk perkembangan pleci anakan tersebut. Karena makanan yang bergizi akan membuat pertumbuhan karakter dan kecerdasan pleci yang baik. Memelihara pleci dari anakan tentu harus mempunyai waktu luang yang banyak, karena pemberian pakan (menyuap/meloloh) pleci anakan harus rutin dan teratur agar pleci anakan tersebut tidak kelaparan. Selain itu, memelihara pleci dari anakan juga dianjurkan untuk memaster pleci anakan tersebut dengan suara jenis burung lain, karena pemasteran akan lebih mudah ditangkap oleh pleci anakan dan pleci yang masih muda, yang suara yang dimaster akan dikicaukan oleh pleci anakan tersebut setelah bisa berkicau. Lakukanlah pemasteran setiap hari agar pleci anakan hafal dengan suara yang sobat masterkan. Untuk rawatan harian pleci anakan, lebih jelasnya silahkan simak caranya dibawah.

pleci anakan

Cara merawat pleci anakan atau piyikan :

1. Tempatkanlah pleci anakan didalam sangkar agar aman dari gangguan luar sangkar.
2. Berikan sarang buatan dari kain agar pleci anakan merasa hangat seperti disarang aslinya.
3. Bila sarang aslinya masih ada, bisa digunakan juga untuk menghangatkan anakan pleci tersebut.
4. Berikan jangkrik 3 ekor setiap 2 jam sekali dengan cara mengambil tubuh jangkrik saja.
5. Bisa juga menyuap dengan bubur sun yang dicampur dengan kroto secukupnya 2 jam sekali.
6. Berikan minum dengan cara meneteskan pada paruh pleci anakan secukupnya, bila perlu.
7. Jangan memberikan pakan yang kasar dan besar, karena akan sulit dicerna oleh anakan pleci.
8. Master suara jenis burung lain yang sobat inginkan setiap hari.
9. Bersihkan kotoran pleci anakan tersebut setiap hari.
10. Lakukan penyuapan (pelolohan) anakan pleci tersebut hingga pleci anakan bisa makan sendiri.

Demikian informasi dari kami tentang cara merawat pleci anakan atau piyikan. Semoga bermanfaat, selamat mencoba, semoga sukses dan terimakasih.


loading...

Posting Komentar

 
Top