0
Cara Merawat Harian Pleci Bakalan Agar Sehat Dan Rajin Berkicau - Beberapa sobat pleci mania mengatakan bahwa membuat burung pleci bakalan buka paruh dan rajin berkicau (gacor) adalah hal yang sulit, sehingga dalam perawatannya membutuhkan waktu yang lumayan lama, butuh kesabaran dan konsisten dalam merawat burung pleci bakalan agar buka paruh dan rajin berkicau (gacor). Menurut kami, ujar para pleci mania tersebut benar, karena dari pengalaman saya membuat pleci bakalan mau buka paruh dan rajin berkicau (gacor) tentu memerlukan proses dan tidak bisa instan. Apalagi merawat pleci yang dibeli dari hasil tangkapan liar atau dari kandang ombyokan, pasti akan lebih sulit membuatnya buka paruh dan rajin berkicau. Baca juga : Cara merawat burung pleci dari kandang ombyokan. Biasanya sobat pleci mania mengatakan bahwa untuk merawat pleci bakalan yang lebih baik adalah dengan cara membeli pleci bakalan dan merawatnya dari kandang ombyokan yang masih muda atau lebih baiknya lagi membeli pleci dan merawatnya dari anakan, karena pleci yang dari anakan atau pleci yang masih muda lebih mudah beradaptasi dengan lingkungan manusia, lebih mudah jinak, lebih mudah dibentuk karakternya dan lebih mudah dire-mastering atau di master dengan suara jenis burung lain. Yang terpenting, dalam merawat pleci dan membuatnya untuk buka paruh dan rajin berkicau (gacor), baik dari anakan maupun dari kandang ombyokan adalah cara merawat hariannya. Baca juga : Cara merawat pleci anakan atau piyikan. Kami sarankan sobat memiliki pleci lebih dari satu agar pleci merasa seperti dialam liarnya yaitu berkoloni, sehingga proses membuat  pleci berkicau lebih cepat.

Cara merawat harian pleci agar sehat dan rajin berkicau, caranya sebenarnya tidak sulit dan cukup mudah. Namun yang perlu sobat ketahui sebelum merawat pleci bakalan sobat lebih lanjut adalah kenalilah pleci sobat lebih dalam, karena setiap pleci memiliki karakter dan kecerdasan masing-masing yang tentu berbeda-beda dan sangat berpengaruh terhadap kicauan pleci tersebut. Setelah sobat mengenal lebih dalam tentang pleci sobat, langkah selanjutnya adalah merawat hariannya dengan baik dan benar agar pleci sobat mau berkicau dengan rajin. Nah, untuk itu kami akan membagikan cara merawat harian pleci agar tetap sehat dan rajin berkicau. Langsung saja simak caranya dibawah.

Cara Merawat Harian Pleci Bakalan Agar Sehat Dan Rajin Berkicau

Cara Merawat Harian Pleci Agar Sehat Dan Rajin Berkicau :

1. Pastikan pleci sobat berkelamin jantan, karena pleci yang berkelamin jantan yang mau berkicau dengan lantang, nyaring, ngerol, bervariasi, rajin dan gacor. Selain itu pleci jantan juga mempunyai tingkat birahi yang baik dan mau bertarung. Baca juga : Cara membedakan jenis kelamin burung pleci

2. Jika sudah jelas jenis kelaminnya, rawatlah harian pleci dengan cara pertama pagi-pagi sekitar jam 05.00 pleci dikeluarkan agar pleci bisa terkena embun pagi yang sejuk seperti dialam liar pleci dan mendapatkan asupan oksigen yang bersih. Gantanglah ditempat yang tinggi agar pleci berkicau dengan lantang. Jika sobat mempunyai pleci lebih dari satu, jauhkan pleci-pleci tersebut dengan cara menggantang yang sama pula, yaitu ditempat yang tinggi. Sehingga pleci-pleci tersebut sahut-sahutan dan biasanya ngalas. Lakukanlah hal tersebut setiap hari atau minimal 3 kali dalam seminggu.

3. Setelah sekitar jam 07.00 pagi koloni semua pleci dengan cara menempelkan sangkar pleci tersebut dan mandikan dengan cara memberikan cepuk sedang yang berisi air penuh. Jika pleci belum mau mandi, bisa memancing dengan semprotan air yang disetel secara ngembun.

4. Setelah pleci selesai mandi, bersihkan sangkar dari kotoran pleci setiap hari agar sangkar pleci tetap bersih dan terhindar dari kutu, setelah itu berikan extra fooding dengan ulat hongkong 2 ekor yang putih. Jangan lupa bersihkan wadah air minum pleci dan ganti airnya dengan air bersih setiap hari, selain itu ganti juga buahnya setiap hari bisa menggunakan pisang kepok dan tambahkan voer atau ganti voer setiap 2 hari sekali. Baca juga : Cara meracik makanan pleci agar gacor

5. Setelah itu, jemur pleci dengan cara dikoloni pula kurang lebih 2 jam atau melihat kondisi cuaca. Setelah dijemur, angin-anginkan pleci diteras dengan cara memisahkannya agar pleci belajar berkicau. Biasanya pleci akan ngeriwik. Setelah diangin-anginkan sekitar 2 jam'an, pleci dimasukan kedalam rumah, bisa dikoloni lagi dan berikan suara master pleci tersebut dengan suara jenis burung lain dengan asli burung atau memutar suara mp3 burung.

6. Sore hari sekitar jam 15.00 keluarkan pleci untuk diangin-anginkan, berikan lagi ulat hongkong 2 ekor yang putih atau bisa menggantikan ulat hongkong dengan jangkrik yang diambil perutnya atau dagingnya 2 ekor, bisa menggantangkan dengan tempat terpisah agar pleci belajar berkicau lagi. Mandikan apabila perlu.

7. Sekitar jam 05.00 masukan lagi pleci kedalam rumah dan bisa mengkoloni lagi hingga keesokan harinya. Bisa juga memaster pleci tersebut dengan suara jenis burung lain hingga keesokan hari dengan cara memutar suara mp3 burung.

8. Lakukanlah cara diatas dengan rutin dan konsisten. Pemberian pakan secukupnya saja dan jangan terlalu berlebihan baik itu extra fooding, buah, maupun voer, karena akan membuat pleci gemuk dan malas berkicau. Ajaklah pleci sobat jalan-jalan kira-kira 3 kali dalam seminggu ketempat yang ramai seperti pasar burung atau tempat teman sobat yang banyak burung berkicau agar pleci mempunyai mental yang baik dan menirukan suara burung yang didengarnya.

Demikianlah informasi dari kami tentang cara merawat pleci bakalan agar sehat dan rajin berkicau yang bisa kami sampaikan. Untuk informasi tentang burung lainnya silahkan kunjungi informasi kicau. Semoga bermanfaat bagi sobat pleci mania semuanya, kurang lebihnya kami mohon maaf, selamat mencoba dan semoga sukses. Terimakasih. Salam pleci mania ...

loading...

Posting Komentar

 
Top