0
Cara Merawat Burung Pleci Dari Kandang Ombyokan – Burung pleci adalah salah satu burung yang banyak diminati oleh para pecinta burung atau kicau mania indonesia. Selain kicauannya yang khas, burung yang satu ini memiliki bentuk fisik dan tingkah laku yang lincah dan lucu. Memiliki lingkaran putih disekeliling mata seperti memakai kaca mata. Burung pleci juga dijadikan burung gacoan atau burung lomba oleh para pleci mania. Meskipun tubuhnya yang kecil tetapi burung ini memiliki suara kicau  dan gaya tarung yang bagus. Suara burung pleci juga lumayan keras dan bervariasi. Namun membuat burung pleci mau berkicau keras, buka paruh, bervariasi, ngerol , merdu dan mau bertarung tentu bukan hal yang mudah, perlu waktu dan proses dalam penanganannya. Para pleci mania biasanya meminang pleci atau merawat pleci dari anakan dan ada juga yang dari kandang ombyokan. Dalam merawat pleci dari kandang ombyokan tentu memerlukan waktu, proses dan kesabaran untuk membuatnya jinak dan mau bunyi atau berkicau. Untuk itu kami akan memberikan tips atau cara merawat burung pleci dari kandang ombyokan yang mungkin bisa membantu sobat-sobat semua yang lagi merawat pleci dari kandang ombyokan.

Cara merawat burung pleci dari kandang ombyokan, memanglah memerlukan proses-proses tertentu agar bisa dan berhasil membuatnya mau bunyi dan berkicau. Dari pengalaman yang sudah dialami para pleci mania yang merawat pleci dari kandang ombyokan yaitu ada yang plecinya lama gak bunyi-bunyi, ada yang merawat pleci dari kandang ombyokan yang cepat bunyi dan mau ngalas, dan ada juga yang merawat pleci dari kandang ombyokan yang cuma ngeriwik alus kemudian ngeriwik kasar dan nggak kunjung buka paruh. Masih ada lagi kejadian lain yang dialami para pleci mania yang merawat pleci dari kandang ombyokan. Nah, langsung saja simak cara merawat burung pleci dari kandang ombyokan dibawah.

pleci-ombyokan

Cara merawat burung pleci dari kandang ombyokan :

1. Pertama pilihlah jenis kelamin burung pleci yang jantan karena yang jantan adalah burung pleci yang mau berkicau merdu, ngalas, ngerol, keras dan bervariasi. Selain itu burung pleci yang dijadikan burung gacoan atau lomba yaitu yang berjenis kelamin jantan. Namun biasanya ada juga para pleci mania yang memilih burung pleci yang berjenis kelamin betina yang dijadikan cewekan atau burung pleci ces.

2. Selanjutnya jika sudah memilih burung pleci yang sesuai dengan keinginan sobat, tempatkanlah pleci tersebut dikandang yang jangan terlalu besar dan yang pas untuk pleci saja kira-kira ukuran sangkarnya P X L X T : 22 X 22 X 40 cm. Hal ini dilakukan karena pleci yang sobat ambil dari kandang ombyokan tersebut cepat jinak dikandang yang ukurannya seperti diatas. 

3. Berikan makanan dengan buah-buahan seperti pisang atau pepaya, bisa juga menambahkan makanannya dengan voer dan jangan lupa berikan cepuk kecil yang berisi air untuk minumnya dan cepuk sedang yang  juga berisi air untuk mandi dia sendiri. Berikan juga extra fooding jangkrik 2 ekor pagi dan 2 ekor sore hari dengan cara mengambil dagingnya yang putih saja. Selain itu pengganti jangkrik bisa juga dengan memberikan extra fooding ulat hongkong yang  putih 2 ekor pagi dan 2 ekor sore hari. Sebaiknya jika sudah memberikan jangkrik tidak perlu memberikannya lagi ulat hongkong, begitupun sebaliknya jika sudah memberikan ulat hongkong sebaiknya tidak perlu memberikannya lagi jangkrik karena hal itu akan mengakibatkan pleci over birahi.

4. Untuk membuat pleci mau makan voer biasanya butuh waktu dan tidak langsung mau makan voer untuk pleci yang dari kandang ombyokan (alam liar). Caranya taburkan atau oleskan voer dibuah yang kita berikan pada pleci tersebut secara rutin dan sampai pleci tersebut mau makan voer.

5. Mandikanlah pleci tersebut setiap pagi sekitar jam 7 dan sore hari sekitar jam 4, angin-anginkan dan jemur setelah memandikan pleci kurang lebih 2 jam dan jika sore hari jika sudah tidak ada sinar matahari  bisa mendekatkannya dengan lampu. Koloni atau tempelkan sangkar pleci tersebut dengan sangkar pleci lain pada saat malam hari agar pleci tetap merasa seperti dialam liarnya yang berkoloni dengan rombongannya (sesama burung pleci), tetapi jika mempunyai pleci cuma satu itu saja ya tidak perlu melakukan cara tersebut. Akan tetapi alangkah baiknya jika memelihara pleci lebih dari satu karena agar pleci mau sahut-sahutan dan cepat berkicau atau ngalas.

Dengan melakukan cara diatas secara rutin mungkin burung pleci sobat akan cepat mau makan voer dan cepat beradaptasi dengan lingkungan baru atau lingkungan manusia. Selamat mencoba, semoga bermanfaat, dan semoga sukses. Terimakasih

loading...

Posting Komentar

 
Top