0
Cara Merawat Burung Cendet – Burung cendet merupakan salah satu satwa indonesia yang banyak ditemukan diarea persawahan. Setahu kami burung cendet tidak hidup bergerombol seperti burung kutilang, melainkan lebih banyak sendiri dan bersama pasangannya dalam mencari makan dan hidup sehari-hari. Burung cendet mempunyai kicauan yang lantang, nyaring dan bervariasi bahkan mampu menirukan segala suara jenis burung lain yang didengarnya setiap hari. Para kicau mania indonesia banyak sekali yang tertarik untuk memelihara atau merawat burung cendet, hal itu dikarenakan burung cendet memiliki kicauan yang sangat variatif. Selain itu burung cendet juga memiliki gaya tarung yang atraktif. Dulu ketika burung cendet menjadi burung prima dalam arena perlombaan, harganya mampu menembus hingga jutaan rupiah, namun seiring waktu berlalu dan semakin banyak ditemukan burung kicauan yang dijadikan burung lomba, burung cendet seakan kalah saing dalam dunia kicau perlombaan. Namun kicauan burung cendet yang variatif dan gaya tarungnya yang sangat atraktif hingga kini masih menjadi hal yang utama dalam membuat para kicau mania tertarik untuk memeliharanya. Namun, membuat burung cendet mau berkicau dengan rajin setiap harinya adalah hal yang tidak mudah, melainkan membutuhkan perawatan dan makanannya yang baik dalam setiap prosesnya.

Merawat burung cendet dan memberikan makanan yang baik dalam rawatan hariannya adalah salah satu hal wajib yang harus dilakukan untuk membuat burung cendet kesayangan sobat kicau menjadi rajin berkicau. Tetapi kami sarankan untuk sobat yang memelihara atau merawat burung cendet ataupun burung lainnya, sebaiknya pahami karakter dan kenalilah lebih dalam tentang burung cendet ataupun burung peliharaan lainnya yang sobat pelihara sebelum merawatnya lebih lanjut. Hal itu dikarenakan karakter dan kecerdasan burung cendet ataupun burung kicauan yang lainnya berbeda-beda, yang tentunya hal itu akan berpengaruh terhadap kiacauan dari burung tersebut. Sobat-sobat kicau semua, kali ini kami akan membagikan tips atau cara tentang bagimana merawat burung cendet harian agar berkicau dengan rajin. Langsung saja simak caranya dibawah.

burung cendet

Cara merawat burung cendet harian agar rajin berkicau :

1. Pagi hari sekitar pukul 07.00 buka kerodong dan angin-anginkan cendet diteras rumah.
2. Setelah itu sekitar pukul 07.30 pagi mandikan cendet dengan disemprot dari atas sangkar.
3. Setelah dimandikan, berikan jangkrik 3 ekor, tambah atau ganti voer minimal 2 hari sekali.
4. Ganti air minumnnya setiap hari agar tetap bersih dan sehat.
5. Bersihkan sangkar dari kotoran cendet maupun kotoran lainnya setiap hari.
6. Setelah itu angin-anginkan kembali, pukul 08.00 jemur cendet hingga pukul 10.00 pagi.
7. Pukul 10.00 teduhkan cendet dan angin-anginkan di teras dan biarkan belajar berkicau.
8. Untuk cendet yang masih muda, sobat bisa memberikan suara master setiap hari.
9. Untuk cendet yang dijadikan burung lomba, bisa dikerodong setelah diangin-anginkan siang.
10. Untuk cendet yang dijadikan ocehan, biarkan saja diteras untuk didengarkan kicauannya.
11. Sore hari sekitar pukul 03.00 berikan jangkrik 3 ekor dan angin-anginkan cendet diteras.
12. Setelah kurang lebih 1 jam diangin-anginkan, cendet kembali dikerodong.
13. Untuk burung cendet yang masih muda, bisa dimaster saat istirahat malam hingga pagi hari.

Pemberian kroto/ulat hongkong sebaiknya seminggu dilakukan 2 kali saja dengan takaran menyesuaikan burung cendet masing-masing  agar burung cendet tidak terlalu over birahi. Untuk cendet yang sudah berusia dewasa atau tua sebenarnya masih bisa dimaster dengan suara burung lainnya pada saat cendet tersebut dalam kondisi mabung (ganti bulu). Lakukanlah cara merawat burung cendet diatas dengan rutin dan konsisten agar burung cendet kesayangan sobat kicau semuanya berkicau dengan rajin. Oke itulah informasi dan cara merawat burung cendet yang bisa kami bagikan, semoga bermanfaat bagi sobat kicau semuanya. Untuk informasi burung lainnya dan download suara burung silahkan kunjungi situs kami di informasi kicau. Terimakasih.

loading...

Posting Komentar

 
Top