0
Cara Memilih Pleci Dari Ombyokan - Memilih burung pleci dalam kandang ombyokan adalah hal yang tidak mudah dan memerlukan ketelitian dalam pemilihan. Mengingat burung pleci adalah burung monomorfik yang bentuk tubuh serta warnanya hampir sama meskipun berbeda jenis kelamin. Nah, hal yang utama adalah wajib mengetahui perbedaan jenis kelamin burung pleci tersebut, agar sobat semua nggak salah pilih pleci dalam kandang ombyokan. Dari pengalaman para pleci mania tentu tidak sedikit yang mengalami kesulitan dalam hal pemilihan burung pleci dalam kandang ombyokan. Ada yang salah pilih jenis kelamin, ada yang plecinya tak kunjung berkicau, dsbg. Untuk itu baca dulu artikel berikut : Cara membedakan jenis kelamin burung pleci . Setelah mengetahui perbedaan jenis kelamin burung pleci berdasarkan fisiknya, maka carilah burung pleci yang sehat, tidak cacat dan lincah saat dikandang ombyokan tersebut.

Cara memilih pleci dari kandang ombyokan perlu sobat ketahui tipsnya, yaitu bisa dengan cara memutar mp3 atau suara terapi pleci dengan handphone dengan cara menaruh handphone tersebut diatas kandang ombyokan pleci. Untuk pleci yang prospeknya baik pleci itu akan ngeriwik saat sobat memutar mp3 atau suara terapi pleci diatas kandang ombyokan meskipun pleci itu dalam kandang ombyokan. Biasanya pleci yang mau ngeriwik itu dalam posisi tenang dan bersuara call (panggil) yang lantang dan nyaring. Selain itu sobat juga bisa memilih pleci dalam kandang ombyokan dengan cara melihat ciri fisik dari pleci tersebut.
pleci ombyokan

Cara memilih pleci dari ombyokan yang baik berdasarkan fisik :

1. Memiliki paruh yang tebal dan hitam.
2. Kepala terlihat besar dan bulat.
3. Postur tubuh lebih panjang dan proporsional (seimbang) dari paruh hingga ujung ekor.
4. Pleci tidak meruji atau kepalanya tidak luka karena menabraki sangkar.
5. Sehat dan tidak cacat.
6. Pleci terlihat lincah dan responsif.
7. Warna lebih tegas, kontras, bersih dan masih seperti burung pleci dialam liar.
8. Memiliki nada call (panggil) yang lebih lantang dan nyaring.
9. Vent (kelamin) menonjol tegak 30-80 derajat terhadap perut.
10. Mata lebih besar dan menonjol keluar.
11. lingkar mata putih bersih dan lebih tebal bagian bawah dan putus-putus untuk yang jantan. 

Selain itu, pilihlah burung pleci ombyokan yang usianya masih muda, karena pleci yang masih muda mudah beradaptasi dengan lingkungan baru atau lingkungan manusia. Burung pleci ombyokan yang masih muda memiliki tingkat stres yang lebih rendah dari pada burung pleci ombyokan yang sudah berusia dewasa atau tua. Burung pleci yang masih muda lebih mudah dibentuk karakternya sesuai dengan keinginan sobat. Burung pleci yang masih muda juga lebih mudah untuk di re-mastering atau dimaster dengan suara yang sobat inginkan. Untuk yang lebih baiknya ajaklah teman sobat yang lebih paham mengenai burung pleci dan lebih paham dalam memilih burung pleci ombyokan yang baik saat sobat ingin membeli pleci dari kandang ombyokan. Dalam memilih burung pleci dalam kandang ombyokan juga harus teliti, sabar dan jangan buru-buru, karena dalam pemilihan burung pleci dalam kandang ombyokan dengan cara tersebut maka akan mendapatkan hasil yang lebih efektif atau mendapatkan hasil yang seperti sobat inginkan.

Demikian informasi yang bisa saya bagikan mengenai cara memilih pleci dalam kandang ombyokan. Semoga bermanfaat, selamat mencoba dan semoga sukses. Terimakasih


loading...

Posting Komentar

 
Top