0
Cara Membedakan Jenis Kelamin Burung Trucukan - Burung trucukan adalah salah satu burung yang suara kicauannya mirip dengan suara kicauan burung cucak rawa, yaitu ropelan. Burung trucukan masih sangat banyak populasinya di tanah jawa, biasanya burung trucukan mencari makanan dikebun yang terdapat banyak buah-buahan seperti kebun pohon pisang, pepaya, dsb. Burung yang satu ini hidup bergerombol, biasanya burung trucukan akan berkumpul menjadi satu saat malam tiba untuk istirahat. Kebanyakan burung trucukan beristirahat malam bersama gerombolannya diladang tebu, namun jika musim panen tebu, trucukan akan tidur malam dipepohonan. Banyak para kicau mania yang memelihara burung yang satu ini, rata-rata untuk dijadikan burung ocehan dirumah dan dijadikan burung master. Kicauan merdu dan ropelan pada burung trucukan sangat enak didengar dan bisa mendatangkan ketenangan jiwa, konon para pecinta kicau. Namun membuat burung trucukan mau berkicau dengan merdu dan ropelan tentu bukan hal yang mudah, butuh ketelatenan, konsisten dan kesabaran dalam setiap prosesnya. Burung trucukan yang mau berkicau dengan merdu dan ropelan adalah burung trucukan yang berjenis kelamin jantan.

Cara membedakan jenis kelamin burung trucukan, hal ini adalah salah satu hal penting yang harus dilakukan saat pertama kali memilih burung trucukan untuk dirawat atau dipelihara sobat semua untuk dijadikan burung ocehan atau masteran, karena seperti yang sudah kami katakan diatas bahwa burung trucukan yang mau berkicau dengan merdu dan ropel adalah burung trucukan yang berjenis kelamin jantan. Selain itu burung trucukan adalah salah satu jenis burung monomorfik atau jenis burung yang ciri fisiknya antara jantan dan betina hampir sama. Namun, meskipun burung trucukan adalah salah satu jenis burung monomorfik, tetapi masih ada beberapa cara dalam membedakan jenis kalamin burung yang satu ini dari ciri fisiknya. Untuk itu kami akan membagikan cara membedakan jenis kelamin burung trucukan yang bisa dijadikan referensi sobat kicau semuanya dalam menentukan jenis kelamin burung trucukan. Langsung saja simak cara membedakan jenis kelamin burung trucukan dibawah :

perbedaan jenis kelamin burung trucukan

Ciri fisik trucukan jantan :

1. Tenggorokannya berwarna kuning.
2. Kepala bagian atas terlihat agak kotak/papak. Punya bulu/rambut dibelakang kepala.
3. Bulu disekitar telinga agak keluar.
4. Ukuran tubuh lebih besar,panjang,tegak dari pada trucukan betina dan proporsional.
5. Warna hitam disekitar mata lebih hitam,tegas dan kontras dari pada trucukan betina.
6. Ekor ngumpul (tidak menyebar), leher lebih besar dan kekar dari pada trucukan betina.
7. Lebih sering jambul bulu diatas kepalanya.

Ciri fisik trucukan betina :

1. Tenggorokan berwarna kuning pudar (pucat) dan tidak sekuning tenggorokan trucukan jantan.
2. Kepalanya terlihat lebih kecil dan bulat.
3. Ukuran tubuhnya lebih kecil, ramping dan pendek.
4. Warna hitam disekitar mata lebih pudar dibanding trucukan jantan.
5. Ekornya terlihat nyebar (tidak ngumpul).
6. Lehernya lebih langsing dan ramping. 

Demikianlah informasi dari kami tentang cara membedakan jenis kelamin burung trucukan. Semoga bermanfaat dan semoga cara diatas dapat menjadi referensi sobat dalam menentukan jenis kelamin burung trucukan. Semoga sukses dan terimakasih.

Baca juga :


loading...

Posting Komentar

 
Top