0
Cara Membedakan Jenis Kelamin Burung Pleci - Cara membedakan jenis kelamin burung pleci adalah hal yang tidak mudah dan lumayan sulit terutama bagi pemula pecinta burung. Banyak para pecinta burung yang menanyakan hal ini. Hal ini adalah suatu keharusan dalam awal memelihara burung pleci, karena burung pleci yang mau berkicau dengan keras, ngerol, dan bervariasi adalah burung pleci yang berjenis kelamin jantan. Namun perlu diketahui juga bahwa burung pleci betina juga berfungsi sebagai cewekan untuk burung pleci jantan yang dipelihara sobat semua. Maksud saya cewekan adalah burung pleci ces, yang digunakan untuk menstabilkan birahi burung pleci jantan yang sobat pelihara dengan cara menjodohkan dan mendekatkan (koloni) kedua pleci tersebut. Ketika kedua pleci yang sudah jodoh dan dikoloni tersebut dipisahkan, maka pleci jantan tersebut akan memanggil pleci betina hingga berkicau ngalas. Untuk itu kami akan membagikan cara membedakan jenis kelamin burung pleci yang mungkin bisa membantu sobat pleci mania dan pecinta burung semua.

Cara membedakan jenis kelamin burung pleci butuh ketelitian dan kesabaran, karena mengingat burung pleci adalah salah satu burung monomorfik yang memiliki bentuk tubuh yang mirip, selain itu warnanya juga hampir sama antara pleci jantan dan pleci betina. Meskipun burung pleci termasuk burung monomorfik tetapi masih ada beberapa cara untuk membedakan jenis kelamin burung pleci tersebut berdasarkan bentuk fisiknya. Berikut cara membedakan jenis kelamin burung pleci berdasarkan bentuk fisiknya :
jenis kelamin pleci

Ciri fisik burung pleci jantan :

1. Warna pada burung pleci jantan lebih terlihat tegas.
2. Postur tubuh lebih panjang dari pada pleci betina.
3. Kepala terlihat lebih besar dan bulat.
4. Paruh tebal dan hitam.
5. Klep mata bagian bawah lebih tebal dan terlihat putus-putus.
6. Untuk dubur relatif lebih panjang dengan ditumbuhi banyak bulu, dan lebih vertikal.

Ciri fisik burung pleci betina :

1. Warna bulu lebih kusam.
2. Postur tubuh lebih pendek dan bulat dari pada pleci jantan.
3. Kepala terlihat lebih kecil dari pada pleci jantan.
4. Paruh terlihat lebih tipis dan panjang dari pada pleci jantan.
5. Klep mata bulat rata dan tidak putus-putus.
6. Untuk dubur lebih kecil dengan sedikit bulu.

Selain itu pada saat pleci jantan disemprot air atau dimandikan pupil matanya akan mengecil dan bulu dibagian kepalanya akan nampak seperti jambul. Sedangkan untuk pleci betina pada saat disemprot air atau dimandikan pada umumya bulu kepala tidak akan terlihat seperti jambul. Yang lebih jelasnya adalah melihat kicauan dari burung pleci tersebut, jika burung pleci tersebut mau berkicau ngeriwik kasar dan ngerol bisa dipastikan bahwa jenis kelamin burung pleci tersebut adalah jantan. Sedangkan burung pleci betina tidak berkicau ngeriwik kasar dan ngerol. Semoga cara yang saya bagikan diatas bermanfaat dan bisa dijadikan referensi sobat semua dalam membedakan jenis kelamin burung pleci. Semoga sukses dan terimakasih.
loading...

Posting Komentar

 
Top