0
Burung Pleci - Burung pleci adalah salah satu fauna yang berada di Indonesia. Bentuk fisik burung tersebut adalah berbadan kecil sekitar 8-15 cm, rata-rata berwarna hijau dan mempunyai ciri khas lingkaran pada pinggir mata yang mirip dengan kaca mata yang berwarna putih, tetapi ada juga yang tidak memiliki lingkaran putih pada pinggir mata atau kaca mata. Genus nya zosterops karena arti dari kata itu adalah sabuk mata. Untuk klasifikasinya yaitu :

Ordo     : Passeriformes
Family  : Zosteropidae
Genus   : Zosterops
Species : (di dunia sekitar 75 species, di Indonesia sekitar 22 species).

Pleci banyak ditemukan diwilayah tropis Australia bagian utara, Asia dan Afrika. Dihabitat aslinya burung pleci hidup bergerombol atau berkoloni seperti burung pipit, burung tersebut beterbangan diantara pepohonan untuk mencari makan dan untuk tempat tinggalnya. Burung pleci juga bercampur dengan spesies lainnya dialam liar. Makanan burung pleci yang utama adalah serangga dan buah-buahan. Dialam liarnya burung ini berkicau dengan keras dengan tujuan berkomunikasi dengan kawan-kawannya sewilayah.

burung pleci

Burung pleci dada kuning

Burung pleci di Indonesia terutama dipulau jawa, para peneliti berkata bertelur dari bulan januari sampai dengan bulan oktober. Jumlah telur burung pleci pada umumnya 2-5 butir dengan warna biru pucat. Pada umumnya para pleci mania indonesia banyak yang memelihara burung pleci yang berwarna kuning kehijauaan, atau yang disebut dengan pleci dada kuning dan ada juga yang memelihara pleci dada putih yang memiliki lingkaran putih disekeliling mata dan ada juga yang menyebutnya dengan kaca mata. Burung pleci memiliki suara yang unik, ngelagu dan keras. Burung ini juga mampu menirukan suara jenis burung lain. Para pleci mania banyak yang memelihara burung pleci untuk dijadikan ocehan dirumah bahkan ada juga yang menjadikannya burung lomba seperti burung lomba lainnya. Burung pleci juga sangat mudah beradaptasi dengan lingkungan baru atau lingkungan disekitar manusia. Ada yang memelihara burung pleci dari hasil tangkapan liar dan ada juga yang memelihara burung pleci dari anakan. 

burung pleci

Burung pleci dada putih

Untuk membedakan jenis kelamin burung yang satu ini, para pleci mania yang sudah benar-benar paham dengan burung pleci berkata bahwa membedakan jenis kelamin burung tersebut bisa dengan cara melihat fisiknya, Namun menurut saya membedakan jenis kelamin burung yang satu ini dengan melihat fisiknya adalah cara yang tidak mudah atau cara yang sulit terutama bagi pleci mania pemula. Mungkin untuk para pleci mania yang sudah benar-benar mengerti tentang burung pleci akan mudah membedakan jenis kelamin burung pleci tersebut, tetapi alangkah baiknya bagi pleci mania pemula membedakan jenis kelamin burung yang satu ini dengan cara melihat burung pleci tersebut apakah mau ngeriwik ngerol atau tidak. Karena dari pengalaman saya dan ujar para pleci mania yang sudah berpengalaman, burung pleci yang mau ngeriwik ngerol adalah burung pleci yang berjenis kelamin jantan dan burung pleci yang tidak mau ngeriwik ngerol adalah burung pleci yang berjenis kelamin betina. Mungkin itu cara yang lebih akurat dalam membedakan jenis kelamin burung pleci. Demikian informasi dari kami mengenai burung pleci. Untuk informasi tentang burung lainnya silahkan kunjungi informasi burung. Semoga bermanfaat dan terima kasih
loading...

Posting Komentar

 
Top